olahan-makanan-dari-kelapa

10 Olahan Makanan dari Kelapa Tradisional Khas Indonesia

Sudah menjadi sebuah kebiasaan masyarakat Indonesia sejak dulu, membuat olahan makanan dari memanfaatkan buah-buahan yang ada, misalnya dengan kelapa. Olahan makanan dari kelapa terdapat banyak jenisnya, bahkan hampir semua makanan tradisional Indonesia menggunakan kelapa dalam pembuatannya. Berikut ini beberapa jenis olahan makanan dari kelapa.

 

10 Olahan Makanan Dari Kelapa

olahan-makanan-dari-kelapa

Kelapa pada umumnya dipakai sebagai bahan campuran bahkan bahan baku pada beberapa olahan makanan tertentu. Olahan makanan dari kelapa di Indonesia biasanya bersifat tradisional dan juga melegenda. Apa saja olahan makanan dari kelapa tersebut? Berikut macam jenisnya :

1. Wingko Babat

Yang pertama ada olahan jajanan bernama wingko babat, tentunya tidak asing buat kamu masyarakat Indonesia. Jajan dari parutan kelapa muda dengan tepung beras serta gula pasir ini sering kali dijadikan sebagai oleh-oleh khusus beberapa daerah.

Jajanan tradisional ini identic dengan tampilan dan bentuk yang bulat pipih, serta berwarna coklat keemasan yang menggunakan teknik memasak dengan cara dipanggang atau dibakar.

2. Gamblong

Lalu ada jajanan bernama gamblong yang populer pada kalangan orang Betawi, Jawa, dan Sunda. Terbuat dari bahan tepung beras ketan putih, santan, margarin, serta parutan kelapa. Identik dengan bentuk bulat yang dilapisi dengan gula merah cair. Memiliki rasa manis dan gurih sempurna, renyah di luar dan lembut di dalam, juga memiliki aroma yang harum.

3. Pancong

Bahan dasar pembuatan pancong adalah parutan kelapa, santan kelapa, tepung beras, dan campuran air. Jajanan tradisional ini terkenal dengan khas Betawinya yang juga memiliki rasa yang sangat gurih. Jajanan yang berbentuk setengah lingkaran ini seringkali diberi topping tambahan seperti gula pasir, atau juga meses, keju dan lainnya.

4. Rangi

Jajanan rangi sekilas terlihat seperti kue pancong. Yang membedakan dari keduanya ialah jika kue pancong menggunakan tepung beras, dan rangi menggunakan tepung sagu. Selain itu, olahan rangi sering kali disajikan dengan tambahan gula merah cair juga potongan nangka.

5. Sagon

Makanan sagon termasuk dalam makanan legendaris dari daerah sekitar Yogyakarta dan Jawa Tengah. Kue ini dibuat dengan bahan parutan kelapa, tepung beras ketan, gula, dan margarin. Kue ini memiliki ciri-ciri khusus dengan aromanya yang begitu harum, campuran rasa manis dan gurih yang pas, juga tekstur yang lembut.

6. Dange

Makanan dari kelapa selanjutnya adalah dange, yang merupakan makanan dari campuran tepung ketan hitam, kelapa parut, dan gula merah, dengan cara masak dikukus. Makanan ini ialah salah satu makanan khas masyarakat Bugis, yang memiliki rasa gurih dan manis dari gula merah yang meleleh pada mulut.

7. Geplak

Memiliki tampilan warna yang beragam, mulai dari putih, hijau, dan juga merah muda. Makanan dengan tepung beras, gula pasir, dan juga kelapa parut ini merupakan khas daerah Yogyakarta. Geplak salah satu makanan yang tahan lama bahkan hingga berbulan-bulan jika dengan cara penyimpanan yang benar.

8. Putu

Selanjutnya ada kue putu, yang mana kue putu ini salah satu olahan makanan dari kelapa yang menggunakan cara pengolahan yang unik, yakni dengan cara dikukus di dalam batang bambu dengan ukuran tertentu. Putu menggunakan bahan tepung ketan, kelapa parut juga sedikit garam, untuk isian kue putu menggunakan gula merah sehingga gula lumer di dalam mulut bersama dengan rasa gurih dari ketan dan kelapa parut.

9. Klepon

Bahan kelapa tidak tercampur dalam adonan utama pembuatan klepon, akan tetapi pada bagian luarnya. Pembuatannya dengan bahan tepung ketan, air pandan, gula merah, dan air. Memiliki tekstur yang kenyal dan rasa manis dari gula merah bercampur gurih dari parutan kelapa.

10. Kembang Gula Kelapa

Kembang Gula Kelapa ini makanan khas Jawa Timur dengan bahan dasar parutan kelapa muda dengan ukuran yang lebih lebar dari parutan kelapa umumnya, tepung tapioka sedikit, gula pasir, juga pewarna makanan. Kemudian seperti namanya, kembang gula kelapa ini berbentuk seperti bunga yang mekar.

 

Adakah dari 10 makanan di atas merupakan makanan kesukaan kamu? Hampir semua jajanan tradisional Indonesia menggunakan bahan parutan kelapa, dan membuat makanan-makanan di atas juga dapat kamu lakukan. Untuk itu mungkin mesin cungkil kelapa dan mesin parut kelapa akan sangat berguna untuk membuat parutan kelapa yang berkualitas.

Itu dia beberapa penjelasan tentang 10 olahan makanan dari kelapa yang lezat dan nikmat. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu tentang macam-macam olahan makanan dari bahan kelapa. Sampai jumpa pada artikel dan pembahasan lainnya!