3 Cara Memelihara Kelinci dengan Baik dan Benar agar Sehat Terawat

Kelinci, siapa yang tidak kenal binatang yang satu ini. Lucu, imut, dan menggemaskan adalah daya tarik yang utama dari hewan peliharaan ini. Kelinci bisa menjadi sahabat atau teman bermain anak-anak yang menyenangkan. Di Indonesia kelinci sudah menjadi hewan peliharaan yang populer selain kucing, anjing, ikan, iguana dan ayam. 

Cara Memelihara Kelinci dengan Baik

Banyak orang yang ingin memelihara kelinci namun belum tahu atau belum mempersiapkan dengan baik kandang dan makanannya sehingga kelinci jadi cepat mati. Agar hal itu tidak terjadi pada Anda, maka sebelum memutuskan untuk memelihara atau beternak kelinci ada baiknya Anda simak tips atau cara merawat kelinci dengan baik dari admin jual kelinci hias berikut ini:

Menyediakan kandang yang nyaman

Cara merawat kelinci yang perlu dipersiapkan dari awal yaitu kandang atau rumah kelinci. Kandang kelinci ini harus terasa nyaman bagi kelinci dan tidak terkena matahari langsung, karena kelinci tidak cukup baik dalam beradaptasi dengan suhu yang ekstrim.

Sebaiknya kandang kelinci diletakkan di dalam ruangan, pastikan kandang kelinci selalu bersih, tidak lembab, dan sediakan alas kelinci atau alas kaki pada lantai kandang atau di dasar kandang agar terasa nyaman untuk kaki kelinci.

Asupan makanan yang yang baik

Hal kedua yang harus dipersiapkan yaitu makanan bagi kelinci. Ada dua pilihan makanan untuk kelinci yaitu dedaunan atau tumbuh-tumbuhan dan pakan olahan seperti pelet.

Bagi Anda yang memilih memberikan pelet, itu adalah pilihan yang sangat aman karena bisa langsung diberikan. Namun apabila Anda memberikan dedaunan ataupun sayur-sayuran maka sebaiknya dilayukan terlebih dahulu.

Banyak orang keliru dalam memberikan wortel sebagai makanan utama kelinci karena menganggap bahwa makanan kesukaan kelinci adalah wortel dikarenakan seringnya tayangan kelinci sedang makan wortel di televisi. Sebaiknya makanan kelinci dibuat bervariasi agar tidak bosan dan jangan lupa juga untuk selalu menyiapkan air minum bagi kelinci agar tidak kehausan.

Berikan Tambahan Nutrisi

Selain makanan dan minuman, pemberian vitamin atau suplemen tambahan bagi kelinci juga direkomendasikan untuk menambah nafsu makan dan daya tahan kelinci agar tidak mudah sakit.

Sekian pembahasan singkat tentang cara merawat kelinci, semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kelinci Anda.