5+ Cara Ternak Ikan Koki Oranda, Wajib Tahu

5+ Cara Ternak Ikan Koki Oranda, Wajib Tahu

Cara ternak ikan koki oranda wajib anda tahu, karena ikan ini sangat populer di seluruh dunia. Carassius Auratus terkenal tubuhnya yang cantik. Di Indonesia, ikan tersebut juga sangat populer dengan julukan ikan mas koki panser. Bedanya dengan ikan mas koki lainnya adalah kepalanya besar, dengan tonjolan membungkus kepala seperti buah berry.

Berikut adalah bagaimana budidaya ikan hias oranda versi Suksespedia:

5+ Cara Ternak Ikan Koki Oranda, Wajib Tahu

1. Kolam Pemijahan Ikan Koki Oranda

Cara ternak ikan koki oranda adalah akuarium pemijahan. Siapkan dengan ukuran ideal, dengan kualitas air. Dimensi ideal akuarium adalah 80x40x40 cm. tambahkan aerator dan tutup saji serta strimin untuk tempat telur ikan oranda. Tutup saji membantu supaya telur yang tidak menempel bisa tetap aman setelah pemijahan.

2. Cara Memijahkan Ikan Oranda

Agar budidaya ikan oranda berhasil, pilih indukan unggul, berkualitas dengan bentuk fisik sempurna, warna terang mengkilap, berat tubuh tidak kurang dari 0,5 ons dan matang kelamin.

  • Ciri-ciri oranda jantan yang siap adalah bagian sirip, punggung, data dan dorsal terdapat bintik-bintik putih. Saat anda meraba menggunakan ujung jari, teksturnya kasar.
  • Ciri-ciri indukan betina siap pijah adalah perutnya buncit dan saat anda pegang terasa lembek.

Proses pemijahannya mudah, yaitu 1 jantan dan 2 betina dalam satu kolam. Biarkan kolam tanpa isi ikan hingga 24 jam, setelahnya masukkan semua indukan pada pukul 5 sore. Setelah telur keluar, langsung pindahkan indukan ke kolam indukan lagi.

4. Cara Merawat Larva Ikan Koki Oranda

Setelah selesai pemijahan, butuh waktu 2-3 hari agar telur berubah jadi larva. Hindari memberi pakan karena sudah ada makanan cadangan pada perut masing-masing anakan ikan.

Setelahnya, beri kuning telur rebus dan telah anda haluskan. Atau, beri pakan rotifer. Hari ketujuh, anda bisa mengangkat secara hati-hati tutup saji dalam kolam, sambil mengguyur menggunakan selang plastik supaya tidak ada burayak yang terjepit. Saat merawat larva, hindari kolam terlalu penuh karena bisa merusak kualitas anakan.

4. Jaga Kualitas Air

Ikan hias sensitif dengan perubahan tingkat oksigen. Pasang aerator sebagai solusinya, tambahkan biofilter jika ada amoniak yang harus anda hisap. Suhu air ideal adalah 17-28 derajat celcius.

5. Pemberian Pakan Koki Oranda

Pemberian pakan bagi larva adalah kuning telur rebus, haluskan dan beri jentik nyamuk, kutu air, atau rotifera sampai usia satu bulan penuh. Beri pakan bertahap hingga enam kali.

Jika sudah dewasa, beri pakan cacing sutra atau cacing darah, pelet berprotein tinggi, kaya mineral dan multivitamin.