6 Anime Yang Pernah Tayang di Televisi Indonesia

Anime, kartun Jepang yang sangat banyak diminati oleh seluruh kalangan, dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan sampai yang sudah menikah dan mempunyai anak pun menyukai anime. Anime sudah sangat populer sejak tahun 90an dan banyak ditonton oleh anak-anak di Jepang atau di negara lain, bahkan di Indonesia pun anime ditayangkan dalam televisi di Indonesia.

Setiap hari sabtu atau minggu banyak sekali anime yang ditayangkan dalam televisi di Indonesia dan tayang anime ini menjadi tayangan favorit bagi anak-anak di Indonesia. 

Mari kita akan bernostalgia apa saja anime yang pernah tayang di televisi Indonesia.

1. Captain Tsubasa

Captain Tsubasa adalah salah satu anime yang paling diminati oleh penggemar anime di Indonesia. Anime yang bergenre olahraga ini adalah salah satu anime jadul yang sudah tayang dari tahun 90an di Indonesia. Dan versi  2018 ditayangkan pada tahun 2019 awal di RCTI. Saking terkenalnya anime ini nomor punggung 10 dijadikan sebagai angka favorite karna Tsubasa memakai nomor punggung 10. Sehingga banyak yang berebut nomor punggung 10.

Dan pasti para pecinta anime tahun 90an hafal dengan lagu yang sangat terkenal Captain Tsubasa, Dragon Screamer.

2. Eyeshield 21

Eyeshield 21 merupakan anime yang wajib ditonton ketika pulang sekolah pada siang hari. Anime ini bercerita tentang tim American Football Jepang yang bernama, Deimon Devil Bats untuk menjadi juara dalam tingkat nasional.

Karakter utama dari anime ini adalah Sena, seorang siswa yang mempunyai fisik lemah dan hanya mempunyai bakat lari yang luar biasa. Kapten tim, Hiruma memaksa dia untuk gabung dalam timnya. Identitas sena tidak mau diketahui di lapangan sehingga dia menggunakan eyeshield.

3. Ganbare, Kickers!

Banyak orang mengatakan bahwa anime ini sangat mirip dengan Captain Tsubasa karena karakternya. Anime ini perdana tayang di Indosiar pada tahun 1995-1997 kemudian pindah ke TPI yang sekarang dikenal dengan nama MNC TV pada tahun 2003.

Anime ini menceritakan tentang seorang anak yang bernama Kakeru Daichi yang baru pindah ke SD Kitahara. Tim sepakbola dari sekolah tersebut kekurangan striker sehingga Kakeru yang hobi dengan sepakbola mendaftar di tim sekolah tersebut. Dengan skillnya yang luar biasa Kakeru diterima dalam tim sekolah tersebut yang bernama Kickers. Kakeru dan timnya sangat ingin memenangkan kompetisi sepakbola.

4. Crayon Shinchan

Crayon Shinchan merupakan anime yang sangat terkenal pada masanya dan menjadi salah satu favorite anime yang wajib ditonton pada hari minggu di RCTI. Anime ini dibuat oleh seniman manga yang bernama Yohito Usui yang bercerita tentang seorang anak berusia 5 tahun bernama Nohara Shinosuke yang suka berbuat onar dan membuat orang disekitarnya kerepotan karena ulahnya. 

5. Doraemon

Siapa yang tidak kenal dengan anime robot kucing yang berasal dari masa depan?

Ya, Anime Doraemon merupakan salah satu anime terbaik dunia yang tayang di Indonesia.Doraemon merupakan robot kucing berasal dari masa depan yang ditugaskan untuk menolong seorang anak supaya tidak susah pada keturunannya karena hutang yang disebabkan oleh Nobita yang bodoh. Nobita adalah anak yang sangat pemalas dan tidak bisa apa-apa yang masih duduk di bangku kelas 5 SD. Nobita sering sekali meminta bantuan terhadap alat ajaibnya doraemon untuk membuatnya dapat terlihat keren didepan Giant dan Suneo supaya mereka tidak menjahili Nobita. Anime karya Fujiko F. Fujio ini sering tayang di RCTI pada hari minggu

6. Inazuma Eleven

Anime ini tayang setiap hari minggu di Indosiar, salah satu dari penyebab anak-anak dahulu enggan untuk main diluar rumah adalah anime ini. Anime ini memiliki karakter utama yang unik, biasanya karakter utama dalam anime sepakbola adalah striker tetapi tidak dengan anime yang satu ini. Mamoru adalah karakter utama dari anime Inazuma Eleven yang berposisi sebagai kiper yang sangat tangguh.

Anime ini mempunyai genre olahraga dan fantasy, yang menunjukkan kemampuan-kemampuan yang unik dari setiap karakter. Anime ini memiliki animasi yang sangat keren sehingga di setiap kemampuan dari karakter yang ada di anime ini dapat memunculkan avatar dan mengeluarkan aura sehingga kemampuannya menjadi meningkat.