6 Tips Belajar Bahasa Inggris

Mampu menguasai bahasa Inggris, dinilai menjadi satu keuntungan, mengingat bahasa satu ini sudah ditetapkan sejak lama sebagai bahasa Internasional. Teruntuk kamu yang saat ini sedang berjuang mempelajari bahasa satu ini, berikut ada 6 tips yang dapat kamu coba supaya mampu menguasai bahasa Inggris dalam waktu yang cepat dan dengan cara yang fun. Yuk langsung simak seluruh tipsnya di bawah ini.

Siapkan Materi Belajar yang Menarik

Dikarenakan bahasa Inggris juga punya banyak cakupan materi, kamu dapat memulai latihan dengan menentukan materi apa yang ingin kamu pelajari setiap harinya. Dengan akses internet yang sudah semakin maju, sekarang sudah banyak materi bahasa Inggris yang tersedia di berbagai platform online dengan cara penyampaian yang menarik. 

Sebut saja video di YouTube, podcast di berbagai platform, maupun pembahasan santai di situs pembelajaran. Dengan menggunakan materi pembelajaran yang menarik, tentu dapat mempengaruhi kecepatan belajarmu. Semakin menarik sebuah materi yang disampaikan, biasanya semakin mudah pula materi tersebut masuk dalam ingatan.

Buat Catatan Khusus untuk Kosakata

Di saat sedang mempelajari bahasa Inggris, sering kali kamu menemukan kosakata baru, ‘kan? Nah, supaya di kemudian hari kamu tidak melupakan kosakata tersebut, tuliskan kosakata itu di buku catatan khusus beserta dengan artinya. Kosakata baru bisa saja ditemukan ketika kamu sering mengulik materi pembelajaran yang ada di YouTube maupun lewat situs belajar online.

One Day One Vocabulary

Tidak cukup hanya menuliskan kosakata yang kamu temukan dalam suatu buku khusus, jangan lupa untuk menghafalkannya juga. Percuma bila kamu menuliskan banyak kosakata, tetapi tidak mengingatnya sama sekali. Namun, supaya tidak terlalu terbebani dengan hafalan kosakata, gunakan teknik one day one vocabulary (satu hari satu kosakata). Kemudian, dalam setiap minggu, pilih satu hari yang khusus digunakan untuk mengulas hafalanmu tersebut. Mudah bukan?

Belajar Sambil Nonton Film

Selain belajar dari materi pembelajaran secara online mulai dari YouTube hingga tambahpinter, belajar bahasa Inggris ternyata juga bisa kamu lakukan sambil menonton film. Pastinya ini akan jadi cara belajar yang menyenangkan terutama jika kamu memang pecinta film.

Jangan lupa saat menonton film, cantumkan subtitle dalam bahasa Inggris untuk membantumu memahami apa yang sedang dibicarakan oleh tokoh serta untuk mengetahui jelas bagaimana pronunciation yang tepat dari suatu kata. Selain itu, jika ada kosakata yang membuatmu tidak paham, cobalah untuk mencatatnya sekalian di buku vocabulary khusus yang sudah kamu siapkan. 

Belajar dari Lagu Bahasa Inggris

Bukan hanya mendengarkan podcast berbahasa Inggris saja yang dapat meningkatkan skill listeningmu. Belajar lewat lagu juga sangat bisa membantumu untuk meningkatkan skill tersebut. Sambil mendengarkan lagu, siapkan juga lirik lagu dan cobalah untuk ikut bernyanyi untuk meningkatkan kemampuan pronunciation juga. Dengan cara ini, belajar bahasa Inggris jadi tidak boring, bukan?

Sering Membaca Buku atau Artikel Bahasa Inggris

Jika kamu cenderung lebih suka membaca buku dibandingkan menonton film, tidak ada salahnya untuk sedikit demi sedikit mencoba membaca buku berbahasa Inggris. Jika buku menurutmu sangat berat, maka kamu dapat memilih membaca artikel dikarenakan kontennya tak sebanyak buku dan hanya butuh beberapa menit saja untuk membacanya. Jika kamu mampu melakukannya secara rutin, bisa dipastikan kalau kamu lama kelamaan akan lebih banyak menguasai kosakata baru.

Nah, demikian 6 tips yang patut untuk dicoba buat kamu yang ingin pintar berbahasa Inggris. Pastinya, banyak cara mudah dan fun yang bisa kamu coba untuk membuat pembelajaran bahasa Inggris tidak membosankan. Bahkan, dengan cara-cara yang fun, kamu bisa mahir berbahasa Inggris secara otodidak lho.