7 Tips Sukses Bisnis Dropship di Shopee

Memiliki sebuah bisnis adalah keinginan setiap orang, namun tidak semua bisnis selalu mendatangkan keuntungan besar. Tidak jarang banyak juga yang mengalami kerugian besar dan bahkan bangkrut. Namun kini ada jalan untuk memulai bisnis tanpa modal dan minim resiko yaitu bisnis dropship di Shopee.

5 Kelebihan Bisnis Dropship

1. Modal kecil atau bahkan tanpa modal

Dropship adalah proses bisnis menawarkan barang dari supplier yang langsung kita kirim dari supplier ke pembeli. Sehingga kita tidak perlu modal awal, ada permintaan baru kita ambil barang tersebut kemudian langsung kita antarkan.

2. Tanpa stok barang

Karena hanya mengirimkan barang sesuai permintaan saja, maka tidak perlu stok barang. Namun kita perlu mencari atau memiliki beberapa rekanan supplier agar begitu ada permintaan kita selalu siap untuk ketersediaan barangnya.

3. Tidak Ribet

Tanpa perlu membuat media promosi, hanya tinggal pilih produk yang diinginkan kemudian promosikan melalui media sosial.

4. Resiko sangat minim

Karena hanya mengirimkan barang saja dan tanpa proses produksi, maka resiko dari bisnis ini sangat minim.

5. Fleksibel

Kita bisa melakukan bisnis di mana saja dan kapan saja, tanpa ada batasan waktu dan tempat.

Cara Mendaftar Bisnis Dropship di Marketplace Shopee

Ada banyak kelebihan yang bisa kita dapatkan di bisnis dropship, karena itu berikut ini kita berikan informasi mengenai cara untuk daftar bisnis dropship di Shopee :

1. Buat akun di Shopee

Buat akun Shopee sangat mudah, kita bisa membuatnya di website Shopee atau di aplikasi Shopee yang ada di playstore

2. Login akun di Shopee

Setelah kita terdaftar langkah selanjutnya adalah log in di akun Shopee dengan memasukkan username, email dan password yang telah kita buat.

3. Tambahkan Produk Shopee

Tambahkan produk di akun Shopee yang telah kita buat agar barang kita segera bisa kita jual. Ada beberapa cara untuk menambahkan produk yaitu :

4. Upload produk secara manual

Untuk manual upload anda harus upload satu per satu

5. Menggunakan fitur Shopee seller center

Untuk upload di seller center shopee anda bisa menambahkan dengan template csv yang di sediakan shopee. Sebelumnya anda harus scrape supplier dahulu. Jika anda dropship di shopee, sebaiknya ambil supplier dari Tokopedia saja. Jadi anda bisa scrape tokopedia lalu di upload ke shopee dengan template csv mass upload. Bisa langsung banyak sekaligus, 500 produk per template.

6. Tunggu hingga ada pemesanan dari pembeli

Setelah semua selesai kini saatnya kita menunggu pesanan dari para pembeli

 

7 Tips Sukses Bisnis Dropship di Marketplace Shopee

Ada beberapa tips setelah terdaftar di akun Shopee agar bisnis dropship kita sukses dan laku keras. Berikut 7 tips sukses bisnis dropship di marketplace Shopee :

1. Tentukan produk

Pilih produk yang paling laku dijual di marketplace, hal ini sangat menentukan banyaknya pembelian. Produk harus fokus dan memiliki banyak pilihan sebagai contoh pilihan warna yang beragam atau bentuk yang beragam. Sediakan satu jenis produk namun dari berbagai merek dan sediakan dari harga termurah hingga termahal. Meskipun fokus namun ada banyak variasi tentu akan semakin terlihat profesional.

2. Cari supplier terbaik dan profesional

Ini sangat penting karena dari sinilah kunci bisnis kita dapat berjalan dengan baik. Jika ketersediaan barang tidak sesuai dan bahkan mengalami kerusakan, maka konsumen akan kecewa dan memberikan feedback yang buruk bagi kelangsungan bisnis kita.

3. Buat voucher promo

Voucher promo dapat meningkatkan penjualan dan meningkatkan ketertarikan untuk berkunjung ke toko kita.

4. Buat desain promo yang menarik

Desain promo yang menarik dan elegan akan menambah kepercayaan dan daya tarik bagi calon pembeli

5. Promosikan di sosial media

Sosial media dapat menjangkau banyak orang sehingga semakin banyak yang terjangkau maka peluang terjual semakin tinggi.

6. Hitung waktu pengiriman

Jangan sampai keterlambatan pengiriman mengecewakan pembeli karena akan membuat feedback buruk bagi bisnis kita.

7. Perhatikan ongkos pengiriman

Hal ini sangat penting karena jika kita salah dalam menghitung harga jual maka kita akan mendapatkan keuntungan sangat kecil atau bahkan rugi. Ongkos pengiriman sangat penting karena itu harus selalu di update setiap harinya jika ada perubahan biaya.

Itulah tadi tips sukses bisnis dropship di Shopee yang dapat kita sampaikan dan semoga informasi ini dapat memicu semangat kita untuk mulai berbisnis. Setiap bisnis pasti ada keuntungan dan ada kerugian, hanya tinggal menunggu saja waktunya. Jika saatnya kerugian itu tiba janganlah pernah berputus asa dan tetap selalu mencoba.