Apa yang Diperlukan dalam Pekerjaan IT?

Istilah pekerjaan IT sering digunakan untuk merujuk pada berbagai macam karir yang berbeda di bidang teknologi informasi. Kebanyakan orang berpikir bahwa pekerjaan teknologi informasi hanya tentang komputer dan pemrograman, tetapi ada banyak lowongan pekerjaan IT untuk pekerjaan jenis ini di luar sana juga.

Ada juga banyak level berbeda untuk setiap jenis pekerjaan yang tersedia. Anda dapat memiliki posisi teknis tingkat tinggi atau terlibat dalam mengelola proyek di tingkat yang lebih rendah. Sulit untuk menemukan seseorang yang tidak terlibat dalam bentuk atau mode apa pun dengan teknologi komputer karena telah menjadi bagian integral dari dunia kita.

Anda dapat menemukan berbagai jenis pekerjaan IT di luar sana. Anda tidak harus menjadi seorang programmer atau bekerja secara eksklusif dengan komputer untuk berada di bidang teknologi informasi. Ada berbagai pilihan bagi Anda jika ingin menggunakan keahlian Anda di luar itu semua, beberapa orang menjadi pengusaha dan memulai perusahaan perangkat lunak mereka sendiri, sementara yang lain memilih untuk tetap dengan satu perusahaan sepanjang karir mereka.

Langkah pertama dalam menentukan jenis pekerjaan IT apa yang Anda minati adalah memutuskan apakah Anda ingin terlibat dengan teknologi informasi dari sudut pandang teknis atau lebih banyak peran manajerial/supervisor. Jika Anda lebih suka bekerja pada komputer dan program komputer secara langsung maka bidang programming, desain perangkat lunak dan jaringan mungkin merupakan pilihan yang baik untuk Anda.

Jika Anda lebih suka pekerjaan yang melibatkan sedikit keterampilan pemrograman maka desain basis data, administrasi proyek, sistem analis atau manajemen proyek mungkin merupakan pilihan yang baik untuk karir Anda. Ada begitu banyak posisi berbeda di bidang IT saat ini sehingga tidak mungkin untuk menjelaskan secara rinci setiap posisi.

Faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan ketika melihat banyak pilihan untuk pekerjaan IT adalah apakah Anda menginginkan pekerjaan jangka pendek atau jangka panjang. Sebuah posisi teknologi jangka pendek akan melibatkan bekerja pada proyek individu. Pekerjaan ini biasanya lebih khusus, seperti desain perangkat lunak atau programming. Anda juga dapat mempertimbangkan sebagai pekerja lepas jika Anda memiliki keterampilan tertentu yang ingin Anda pasarkan, ini sangat umum hari ini karena memungkinkan orang untuk memilih jam kerja dan proyek mereka sendiri sehingga mereka tidak harus terjebak dalam pekerjaan jangka panjang. Anda mungkin juga mempertimbangkan untuk bekerja paruh waktu sebagai pakar teknologi informasi jika jadwal kuliah Anda tidak memberi Anda cukup waktu untuk bekerja penuh waktu.

Di sisi lain, jika Anda mencoba untuk menemukan sesuatu yang lebih permanen dan jangka panjang maka Anda akan mencari pekerjaan teknologi informasi yang melibatkan bekerja secara langsung dengan perusahaan daripada proyek. Ada banyak jenis pekerjaan yang tersedia seperti ini, Anda tidak perlu bingung memilih perusahaan yang cocok asalkan Anda memang mempunyai keahlian berharga untuk mereka.

Beberapa perusahaan juga mempekerjakan pekerja magang dan secara bertahap akan dipromosikan ke peran yang lebih tinggi agar mereka mendapatkan pengalaman. Ini adalah pilihan yang baik untuk orang-orang yang membutuhkan pengalaman untuk memulai karir di lapangan pekerjaan IT.