Apakah Simvastatin Obat yang Tepat untuk Anda?

Kolesterol tinggi bisa menjadi masalah kesehatan yang serius, dan penting untuk mengetahui apa yang Anda hadapi. Kolesterol adalah lemak yang beredar dalam darah Anda, tetapi tidak semua kolesterol adalah sama. Ada dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol "baik" high density lipoprotein (HDL) dan kolesterol "jahat" low density lipoprotein (LDL). HDL membawa LDL buruk dari dinding arteri ke hati untuk dibuang, ketika tingkat HDL tinggi, mereka dapat melakukan pekerjaan ini dengan baik.

LDL membawa lemak melalui aliran darah dan menyimpannya di dinding arteri. Kadar LDL yang tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung. Ketika orang berbicara tentang jumlah LDL mereka, "mungkin berarti tingkat lipid darah total mereka atau hanya tingkat LDL mereka”. Dokter Anda akan mengevaluasi risiko Anda dan merekomendasikan rencana perawatan berdasarkan apa yang tepat untuk Anda.

Apakah Anda Membutuhkan Simvastatin?

Ada beberapa jenis obat penurun kolesterol, termasuk Simvastatin. Tetapi beberapa dokter merasa bahwa obat terbaik untuk pasien tergantung pada kesehatannya secara keseluruhan. Secara umum, obat ini diresepkan untuk orang yang memiliki penyakit jantung atau riwayat penyakit ini dalam keluarga mereka (diabetes juga mungkin berisiko), dan mereka digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh.

Daripada harus mencari tahu kadar kolesterol Anda sendiri (panel lipid darah akan memberi Anda informasi yang Anda butuhkan), dokter Anda mungkin ingin Anda menunggu hasilnya. Tetapi jika Anda berisiko, ada baiknya untuk menghitung kadar kolesterol Anda dan menanyakannya kepada dokter Anda selama kunjungan rutin.

Simvastatin banyak dijual di pasaran termasuk di apotek. Kisaran harga Simvastatin 20 mg sekitar 3.000 rupiah sampai 9.000 rupiah per stripnya. Namun harga dapat berbeda-beda tiap daerah, tergantung di daerah mana tempat Anda membelinya.

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana dokter memutuskan bahwa satu obat lebih unggul daripada yang lain. Misalnya, kelompok obat Lipitor diuji dengan membandingkannya dengan dua obat penurun kolesterol lainnya dalam sebuah penelitian besar terhadap pasien. Namun obat Simvastatin yang paling efektif untuk menurunkan kadar kolesterol Anda.

Seperti yang Anda lihat, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda memilih obat berikutnya. Pastikan Anda mendapatkan semua fakta sebelum Anda mengambil obat baru, dan ingat bahwa dokter Anda ada untuk membantu.