Beberapa Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Menggunakan Air Conditioner merupakan salah satu cara untuk mendinginkan sebuah ruangan yang terlalu panas. Dengan hadirnya AC, membuat masyarakat saat ini mampu memberikan udara sejuk dengan suhu yang bisa diatur. Namun terdapat beberapa masalah pada AC.

Salah satu masalahnya adalah AC yang tidak dingin. Masalah ini sangat sering dijumpai dan bahkan menjadi mimpi buruk bagi mereka yang berada di ruangan yang panas. Hal tersebut berakibat pada aktivitas atau bekerja dengan efektif.

Sedangkan dengan penyebab AC tidak dingin juga muncul dari faktor eksternal maupun internal. Dengan memakai jasa tukang service AC Bintaro, masalah tersebut bisa diatasi. Namun sebelum itu, anda harus paham mengenai penyebab AC tidak dingin dan cara mengatasinya.

Berikut Penyebab Masalah AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Filter AC yang tidak rutin dibersihkan

Filter AC menjadi unsur terpenting dalam menghantarkan suhu dingin. Tugas filter tersebut adalah menyaring kotoran-kotoran yang ada dalam udara. Kemudian lama-kelamaan kotoran tersebut akan menyumbat saringan filter. Sehingga, udara dingin tidak bisa keluar.

Kemudian cara mengatasinya adalah dengan rutin membersihkan filter tersebut. Paling tidak sebulan sekali mencuci filter tersebut. Sebelum membersihkan filter tersebut, disarankan agar menutup barang di sekitar AC, seperti kasur atau yang lain. Supaya kotoran tidak menempel di kasur.

Kondensor AC yang kotor

Penyebab AC tidak dingin yang lain adalah dikarenakan kondensor AC yang kotor. Tugas kondensor adalah memanaskan gas refrigerant pada suhu tertentu. Kondensor sendiri terletak di luar AC.

Sama halnya dengan filter, kondensor rusak juga tidak memaksimalkan proses pendinginan. Kemudian caranya adalah membersihkan kondensor secara rutin. Hal tersebut bisa anda lakukan sendiri dengan menggunakan sabun dan air untuk menghilangkan kotoran. Selain itu, anda juga bisa memakai selang dengan arus air yang pelan.

Refrigerant (freon) yang habis atau bocor

Lalu yang terakhir adalah Refrigerant yang bertugas sebagai gas dalam mendinginkan ruangan. Kemudian merk refrigerant yang terkenal adalah Freon, maka tidak heran apabila Freon lebih dikenal oleh masyarakat. AC menjadi tidak dingin dikarenakan Freon yang sudah habis. Lalu ciri-cirinya adalah pembekuan pada pipa AC, AC bocor, dan muncul suara mendesis.

Dalam menghindari terjadinya AC yang tidak dingin dikarenakan Freon tersebut, maka segera hubungi teknisi AC untuk memperbaikinya. Salah satunya adalah service AC Bintaro.