Cara Bantu Anjing Adaptasi setelah Pindahan Rumah ke Surabaya

Cara Bantu Anjing Adaptasi setelah Pindahan Rumah ke Surabaya

Membawa sekaligus hewan peliharaan untuk ikut pindah memang menjadi PR tersendiri ketika memilikinya. Pemilik harus membantunya agar bisa beradaptasi dengan baik sehingga mampu menyesuaikan di lingkungan baru. Lantas bagaimana cara anjing adaptasi setelah pindahan rumah ke Surabaya?

5 Cara Bantu Anjing Adaptasi setelah Pindahan Rumah

Cara Bantu Anjing Adaptasi setelah Pindahan Rumah ke Surabaya

Membantu anjing untuk adaptasi akan sedikit memakan waktu yang cukup lama. Jadi sebagai pemiliknya, Anda harus sedikit bersabar ketika membantunya. Jadi pastikan bahwa mereka benar-benar sudah nyaman tinggal di lingkungan barunya. Berikut beberapa tips caranya:

1. Mempertahankan Jadwal dan Rutinitas Kesehariannya

Anda bisa mengajak anjing untuk berkeliling dan bermain di halaman rumah baru dengan waktu yang sama seperti di tempat tinggal lama. Contohnya ketika mereka terbiasa melakukannya pada jam 5 sore, maka lakukan hal serupa. Cara ini efektif untuk membuat anjing peliharaanmu melakukan kegiatan seperti biasanya di rumah lama.

Kamu juga harus mempertahankan jadwal makan untuk anjing tetap sama. Sesuaikan dengan tempat makanannya dan tidak jauh berbeda daripada sebelumnya. Misalnya, jika biasanya anjing peliharaanmu makan di daerah dapur atau kandang, maka lakukanlah hal serupa. Pastikan anjingmu ini merasa nyaman.

2. Menyiapkan Ruang Khusus

Ruang khusus untuk anjing menjadi perhatian utama yang perlu kamu persiapkan di hunian barumu. Perhatikan apa saja barang kesukaannya, sehingga si anjing tetap memberi rasa nyaman mulai dari bermain, beristirahat hingga tidur. Misalnya jika hewan ini sangat suka dengan bantal di tempat lama.

Anda pun harus menempatkan bantal tersebut di rumah baru meskipun ruangannya sudah berbeda. Tempatkan mainan, permadani dan selimut yang memiliki bau serupa dari tempat sebelumnya. Biasanya anjing akan sedikit stress jika menjumpai ruang khususnya terasa asing.

3. Mempertahankan Perabotan di Tempat Lama

Bagi Anda yang sudah pindah rumah dan ingin mengganti semua perabotan rumah, maka tinggalkan beberapa barang diantaranya untuk menemani hewan kesayanganmu. Pasalnya, anjing peliharaan cenderung mengenali bau barang lama, sehingga membantumu mempermudah proses adaptasi anjing di tempat baru.

Simpan saja perabotan yang memang disukai oleh anjingmu dan tunggu sampai beberapa minggu sebelum membeli furniture baru. Jangan ragu untuk memanjakannya meskipun terasa cukup lama.

4. Jangan Menerima Tamu dalam Waktu Dekat

Setelah pindahan rumah selesai dikerjakan, biasanya rumahmu akan kedatangan banyak tamu. Namun sebaiknya hal ini ditunda terlebih dahulu demi kenyamanan anjing peliharaanmu. Pasalnya, mendatangkan orang asing di beberapa bulan pertama justru memicu stress pada hewan peliharaan, sehingga lebih baik untuk menunggu dulu.

Kamu bisa menahan pengunjung untuk datang ke rumah semaksimal mungkin. Terutama jika anjingmu tidak menyukai keramaian dan kegaduhan, sehingga akan membuatnya stress dan menghambat waktu adaptasinya. Jadi lakukan hal ini setidaknya dua bulan pertama setelah pindahan.

5. Sabar dan Pengertian dengan Perilaku Anjing

Walaupun seluruh proses pindahan sudah kamu selesaikan, namun hal ini sedikitnya membuat anjingmu mengalami stress dan membutuhkan waktu untuk kembali normal.

Kamu mungkin akan melihat adanya perubahan sikap anjing dan perilakunya tidak biasa. Biasanya sering menggonggong daripada biasanya. Sebagai pemelihara anjing, kamu bisa lebih sabar menghadapinya agar membantu proses adaptasinya.

Sabar, pengertian dan perhatian menjadi kunci utama ketika kamu menghadapi perilaku anjing yang berubah-ubah.

Sekian informasi mengenai “Cara Bantu Anjing Adaptasi Setelah Pindahan Rumah Ke Surabaya”. Untuk kamu yang sedang mencari jasa pindahan rumah Surabaya, kunjungi link berikut ini.
https://sambalbukam.com/jasa-pindahan-rumah-surabaya-dan-sewa-truk-surabaya-harga-terjangkau/