Cara Jadi YouTuber yang Menghasilkan Uang

Menjadi YouTuber menjadi impian banyak orang saat ini. Alasannya beragam entah menjadi terkenal, iseng-iseng atau memang serius ingin menjadikan YouTube sebagai saluran pendapatan utamanya.

Namun untuk jadi YouTuber yang dapat menghasilkan uang bukanlah hal yang mudah. Faktanya, sebagian besar video di YouTube mempunyai view 500 an saja!

Semakin populer suatu konten video maka semakin algoritma youtube merekomendasikannya. Ini fakta yang menyakitkan bagi youtuber pemula karena justru terjadi kesenjangan yang parah di YouTube dimana mereka yang punya status (jumlah subscriber & view) akan semakin mudah perkembangannya. Sedangkan pemula bergulat dengan beberapa ratus penggunanya.

Namun jangan pernah putus asa. Anda tetap bisa menjadi youtuber yang menghasilkan uang dari hobi anda membuat video.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memproduksi sebanyak mungkin video dengan durasi yang cukup. Cukup disini artinya tidak terlalu panjang dan bertele-tele dan juga tidak terlalu pendek sehingga orang merasa videonya terlalu tanggung.

YouTube mempunyai sifat adiktif dengan pengguna yang cukup adiktif pula. Jadi jika anda memproduksi konten yang mampu membuat pengguna “kecanduan” dengan konten anda, maka perlahan channel anda akan bangkit.

Jika anda telah memproduksi video cukup banyak dan telah mendapatkan subscriber yang cukup banyak, maka anda anda dapat memonetisasi akun channel anda. Apa saja yang dibutuhkan?

Yang dibutuhkan adalah 4000 jam tayang dalam kurun waktu satu tahun dan juga 1000 subscriber. Terkadang bagi pemula, melihat angka angka ini cukup membuat putus asa. Namun ingatlah dengan konsistensi dan fokus anda dapat dengan segera mencapai tujuan tersebut.

Untuk mencapai itu, anda tidak boleh menggunakan cara-cara curang dengan misalnya melakukan spam. Jika seandainya akun anda terdeteksi melakukan spamming maka anda tidak akan bisa melakukan monetisasi akun.

Namun AdSense bukanlah satu-satunya cara mendapatkan uang dari YouTube, anda dapat melakukan hal lainya seperti menjual barang yang masih terkait dengan channel youtube anda, membagikan link afiliasi, mencari sponsor yang mau mensponsori akun anda, dan lain sebagainya.