Cara Membuat Bakso Sendiri Di Rumah

Cara Membuat Bakso Sendiri di Rumah Lengkap, Mudah dan Sehat

Bakso ialah salah satu makanan yang ada di Indonesia yang begitu disukai oleh semua kalangan. Dimulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Menurut KBBI, bakso adalah makanan yang dibuat dari daging sapi, udang, ikan dicincang serta dilumatkan dengan tepung kanji dan juga putih telur, dibentuk biasanya bulat-bulat.

Di daerah Indonesia sendiri ada beraneka macam bakso, ada yang dibuat dari daging sapi, ayam, ikan, serta masih banyak yang lainnya lagi. Bahkan sekarang bakso tak lagi hanya bulatan daging tetapi dapat diisi sama macam-macam. Dapat juga diisi telur puyuh, telur ayam, cabai, sambal, sosis, sampai keju.

Pada hidangannya, bakso pada umumnya dimakan panas-panas bersama kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, tauge, tahu, bisa juga telur serta ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso begitu terkenal serta bisa didapatkan di semua daerah Indonesia, mulai dari gerobak pedagang kaki lima sampai restoran besar.

Beraneka jenis bakso kini sering ditawarkan dalam bentuk makanan beku dijual pada pasar swalayan ataupun bisa juga mal-mal. Irisan bakso bisa menjadi pelengkap jenis makanan lain contohnya mie goreng, nasi goreng, atau cap cai.

Cara buat bakso sendiri adalah seni kuliner yang berasal dari budaya kuliner masyarakat tionghoa. Buktinya ada di penamaan makanan satu ini bakso. Bakso mempunyai arti harfiah yaitu 'daging giling'. Disebabkan Indonesia yang mempunyai rata-rata masyarakat agamanya muslim, bakso di Indonesia biasanya gunakan daging yang halal, seperti daging sapi, ayam, kambing, ataupun ikan.

Di Indonesia ini, terutama di daerah Solo serta Malang cukup populer dengan pusat makanan bakso. Itu juga alasan mengapa banyak pedagang yang jual bakso malang ataupun bakso solo.

Cara menyajikan bakso pun bermacam-macam, ada yang menggunakan kuah, ada juga dibakar, serta ada yang dipenyet dengan sambal. Selain isi juga cara penyajiannya, bentuk serta ukuran bakso begitu beragam. Tak hanya bulatan, banyak yang jual bakso lalu berinisiatif bentuknya ada yang kotak, bentuk hati, sampai barbel.

Semakin banyak persaingan tentu banyak juga pedagang yang berusaha untuk menekan biaya produksi serendah-rendahnya bahkan sampai menggunakan bahan-bahan berbahaya. Tentunya hal itu bisa membuat anda khawatir pada saat akan beli bakso. Nah, karena hal tersebut tak ada salahnya anda buat bakso sendiri di rumah. Selain sehat, caranya juga begitu mudah kok.

Cara Membuat Bakso Sendiri Di Rumah

Table of Contents

Bahan-Bahan

  • Daging sapi giling 1 kg
  • 50 gram tepung kanji 
  • Telur 1 butir
  • Bawang putih 4 siung yang dihaluskan
  • Garam 1 sdt
  • 1 sdt lada bubuk 
  • Es batu 40 gram, hancurkan
  • 2 liter air 

Cara Membuat

  1. Pertama daging sapi yang telah digiling dengan mesin gilingan daging masukkan pada dalam wadah, tepung kanji, telur, lada bubuk, garam dan bawang putih dicampurkan yang sudah dihaluskan.
  2. Uleni atau campur dengan tangan atau dapat dengan alat hingga seluruh tercampur sempurna.
  3. Apabila rasa adonannya masih lembek serta sulit dibentuk, maka dapat masukkan es batu dengan cara perlahan hingga dirasa adonan dapat dibentuk.
  4. Rebuslah air pada dalam panci hingga didih.
  5. Ambillah adonan daging gunakan tangan kemudian bentuk bulat baik gunakan kedua tangan atau gunakan satu tangan ditekan sampai adonan keluar dari jari telunjuk dan juga jempol agar lebih mudah bisa dengan mesin pembuat bakso.
  6. Tambahkan adonan yang sudah terbentuk pada dalam air panas.
  7. Berikutnya teruskan seluruh adonan habis.
  8. Apabila bakso sudah mengambang maka bakso sudah matang. Bisa diangkat dan disajikan sesuai selera.

Nah, itulah artikel tentang cara membuat bakso sendiri semoga bisa bermanfaat dan selamat untuk mencoba.