cara membuat briket dari kotoran sapi

Cara Membuat Briket dari Kotoran Sapi dan Keunggulan Pemakaiannya

Banyak cara yang cukup efektif untuk memanfaatkan kotoran sapi, salah satunya dengan cara membuat briket dari kotoran sapi. Briket dari kotoran hewan ternak berupa sapi ini juga disebut dengan bioarang.

Bioarang adalah arang yang didapatkan dari biomassa kering yang dibakar dengan sistem non-udara atau tanpa udara. Pemanfaatan kotoran sapi dengan cara dibuat briket ini bisa membantu mengurangi pencemaran yang diakibatkan oleh kotoran ternak.

Selain itu, jika dibandingkan dengan arang biasa, briket kotoran sapi ini lebih mempunyai banyak keunggulan. Contoh keunggulannya yaitu dari segi bentuk dan juga ukuran yang seragam. Hal ini karena proses produksinya memakai alat pembuat briket dan dicetak memakai cetakan khusus.

Dengan memakai mesin briket, penampilannya juga semakin menarik. Berikut pembahasan lebih lanjut mengenai keunggulan dan cara pembuatan briket dari kotoran sapi.

 

Briket dari Kotoran Sapi

cara membuat briket dari kotoran sapi

Sebelumnya sudah dibahas bahwa briket dari kotoran sapi ini mempunyai bentuk yang lebih menarik minat. Namun, ada beberapa keunggulan lagi dari briket kotoran sapi ini. Jika dilihat dari segi panas yang diperoleh, tentu saja briket ini mempunyai panas yang lebih tinggi untuk hasil pembakarannya.

Selain itu, walaupun panas yang dihasilkan tinggi, tetapi justru hasil asapnya lebih sedikit daripada arang biasa. Proses produksi briket dari kotoran sapi ini juga lebih ramah untuk lingkungan sekitar. Harga yang dijual di pasaran tentunya lebih terjangkau.

Cocok untuk para pedagang yang membutuhkan alat bakar dalam jumlah besar. Terlebih, saat ini permintaan akan bahan bakar minyak di dunia terus meningkat setiap tahunnya. Hal itu membuat harga minyak untuk pembakaran melambung tinggi.

Tentunya ini akan membuat omset para pedagang yang memerlukan bahan bakar dalam jumlah besar menurun. Untuk itu, sudah saatnya para pedagang atau bahkan ibu rumah tangga memakai briket dari kotoran sapi agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan membantu mengembangkan energi alternatif, baik dari kotoran ternak atau sampah organik lainnya.

Produksi briket arang ini hanya ada dua garis besar yang harus dilakukan, yaitu produksi briket dan juga pengarangan. Berikut tahapan membuat briket dari kotoran sapi.

Membuat Briket dari Kotoran Sapi

  1. Tahap pertama yang wajib kamu lakukan yaitu mengumpulkan bahan baku yang diperlukan terlebih dahulu. Sudah pasti bahan baku yang diperlukan untuk proses ini yaitu kotoran sapi dari hasil ternak.
  2. Setelah itu, siapkan alat yang akan dipakai untuk keberlangsungan proses produksi. Untuk menjalankan alat ini yaitu dengan memakai tuas atau pedal yang ada.
  3. Lalu kotoran sapi ternak dimasukkan ke dalam corong yang ada pada alat. Corong ini umumnya terbuat dari plastik atau seng. Kemudian, kamu bisa menekan tuas yang ada sampai ke bagian bawah. Tarik penarik bahan, kemudian kembalikan ke posisi awal.
  4. Hasil dari alat tersebut, kotoran akan tercetak secara sempurna dan menjadi briket yang padat.
  5. Tahapan selanjutnya setelah produksi memakai alat yaitu tahap pengarangan agar menjadi briket yang baik. Pengarangan dilakukan secara pirolisis di tahap ini, yaitu pemanasan yang sistemnya tidak memakai udara.
  6. Masukkan briket padat tadi ke dalam alat pemanas serta disusun secara rapi dan merata. Tujuan dilakukannya penyusunan ini yaitu supaya panas yang diperoleh bisa merata. Alat pemanas ini diletakkan di atas tungku atau pembakar kompor.
  7. Nyalakan tungku sampai asapnya mengepul semakin banyak sampai asap habis tak tersisa.
  8. Apabila asapnya sudah habis, buka alat pemanas lalu semprotkan air pada briket yang masih berapi atau membara. Briket yang sudah jadi sempurna kemudian dikeringkan.
  9. Briket siap untuk dipakai.