cara-membuat-briket-serbuk-gergaji

Cara Membuat Briket Serbuk Gergaji dan Peluang Usahanya

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat briket serbuk gergaji yang akan bermanfaat untuk kamu. Simak pembahasannya hingga akhir ya!

 

Cara Membuat Briket Serbuk Gergaji

Limbah serbuk gergaji merupakan limbah yang didapat dari hasil gergajian yang dilakukan oleh tukang kayu yang biasanya dihasilkan saat melakukan penghalusan pada kayu ataupun saat proses penggergajian kayu. Limbah serbuk gergajian kayu memiliki potensi yang cukup besar untuk terus dikembangkan menjadi bahan baku dalam pembuatan briket arang.

Sebagian orang beranggapan jika serbuk gergaji hanyalah limbah yang tidak terpakai dan perlu dibuang saja. Akan tetapi justru serbuk gergaji ini dapat diubah menjadi sebuah briket yang bermanfaat dan berguna bagi kehidupan sehari-hari.

Jika dibandingkan dengan penggunaan gas alam serta minyak tanah, briket serbuk gergaji jauh lebih efektif dan tentunya dapat mengurangi pengeluaran kamu. Cara membuat briket serbuk gergaji ini juga bisa dikatakan cukup mudah, apalagi serbuk gergajian kayu tentunya mudah terbakar.

cara-membuat-briket-serbuk-gergaji

Selain itu, briket dari limbah serbuk gergaji tentunya mempunyai harga yang lebih murah dibandingkan dengan briket batu bara. Penggunaan briket relatif lebih aman dan mudah disimpan.

Limbah serbuk kayu ini ternyata memiliki beberapa manfaat, yakni :

  • Sebagai bahan campuran dalam pembuatan mebel.
  • Bahan dalam pembuatan batako.
  • Sebagai media tanam.
  • Dalam pengolahan dan pembuatan kertas.

Alat dan Bahan Pembuatan Briket dari Serbuk Kayu

Alat-Alat :

  • Ayakan dengan ukuran lolosnya 70 dan 50 mesh
  • Oven
  • Cetakan briket

Bahan :

  • Kayu yang sebelumnya sudah diolah menjadi produk serbuk kayu dengan menggunakan mesin penghancur kayu
  • Lem kanji
  • Batok kelapa

Cara Membuat Briket Serbuk Gergaji :

1. Melakukan proses pengarangan yang dilakukan untuk membuat batok kelapa menjadi arang dengan dibakar.

2. Menghancurkan kayu yang masih utuh dengan mesin penghancur kayu yang nantinya diambil serbuknya.

3. Selanjutnya melakukan pengayakan, arang serbuk kayu dan batok kelapa diayak agar menghasilkan bahan yang lembut dan halus. Untuk ukuran pengayakan arang batok kelapa menggunakan 50 mesh sedangkan untuk arang kelapa menggunakan 70 mesh.

4. Campurkan ayakan batok kelapa dan juga arang serbuk gergaji yang sudah disaring menggunakan perbandingan 10% arang batok kelapa dan 90% arang serbuk gergaji. Tambahkan juga 2,5% lem kanji.

5. Jika semua bahan sudah tercampur, kemudian dilakukan proses pencetakan dengan memasukkan campuran bahan-bahan tadi ke dalam cetakan briket yang sudah disiapkan lalu ditempa.

 

Briket Serbuk Gergaji Sebagai Peluang Usaha

Melihat keunggulan briket serbuk gergaji yang tidak sedikit dan efektif untuk digunakan, tentunya membuat banyak orang mulai memilih briket serbuk gergaji ini. Dengan begitu pula membuat peluang usaha briket serbuk gergaji terbuka lebar.

Jika kita lihat pula, kini masih sedikit para pelaku usaha briket serbuk gergaji ini, sehingga akan memudahkan kamu dalam memasuki persaingan pasar yang ada. Tentunya kamu perlu membuat briket yang berkualitas untuk usaha kamu.

Dan kamu dapat menggunakan alat pembuat briket, dengan mesin briket tersebut akan memudahkan sekaligus membantu kamu dalam membuat briket yang berkualitas baik.

 

Itu dia beberapa penjelasan singkat tentang cara membuat briket serbuk gergaji yang dapat kamu coba. Semoga informasi di atas tersebut dapat bermanfaat dan membantu kamu dalam membuat briket serbuk gergaji, serta menambah pengetahuan kamu. Sampai jumpa pada pembahasan artikel lainnya yang menarik dan bermanfaat untuk kehidupan.