keripik gadung

Cara Membuat Keripik Gadung Renyah yang Bebas dari Racun

Cara membuat keripik gadung renyah tentu menjadi hal yang sangat dicari oleh para pebisnis keripik. Karena dalam persaingan bisnisnya, kualitas dari kerenyahan keripiknya lah yang menjadi hal utama setelah rasa.

Dengan memperhatikan hal tersebut maka akan sangat mudah bagi kamu untuk mendapatkan pelanggan. Di masa kini keripik gadung telah jarang ditemui, bahkan tak sedikit dari anak milenial yang tak tau mengenai keripik gadung ini.

Maka dari itu, pebisnis keripik gadung harus membuat inovasi baru bisa dengan kerenyahan dan rasa yang dibuat beragam atau hal lainnya. Namun kali ini kita tidak akan membahas mengenai inovasi dari keripik gadung, melainkan kita akan membahas mengenai cara membuat keripik gadung renyah yang akan meningkatkan penjualan. Silahkan disimak yaa!

 

Keripik Gadung

keripik gadung

Sesuai dengan namanya, keripik gadung ini terbuat dari umbi gadung yang sudah melewati beberapa proses pengolahan. Seperti diiris tipis, dijemur, digoreng, dan berbagai proses lainnya. Rasa dari keripik gadung ini umumnya asin dengan aroma bawang yang membuatnya gurih. Penggorengan pada keripik gadung biasanya menggunakan mesin bernama vacuum frying yang akan memudahkan kamu dalam memproses keripik gadung.

Pada masa sekarang keripik gadung memang sudah jarang diproduksi, karena proses pengolahannya terbilang cukup rumit, memakan waktu lama, dan dapat beresiko. Mungkin banyak orang tak tahu bahwa umbi gadung ini beracun, yang mana jika pengolahannya tidak benar maka akan sangat berdampak untuk kesehatan.

Itu tadi juga merupakan alasan mengapa keripik gadung jarang diproduksi.

 

Pengolahan Umbi Gadung yang Benar

Dengan apa yang tadi sudah dibicarakan diatas mengenai umbi gadung yang beracun. Disini saya rangkumkan mengenai pengolahan umbi gadung yang benar, supaya dapat menghilangkan racun pada umbi gadung agar dapat aman saat dibuat keripik. Berikut caranya:

  1. Langkah pertama tentu saja kita harus mengupas kulit umbi gadung, jika sudah lalu dicuci sampai bersih
  2. Selanjutnya iris tipis umbi gadung
  3. Luburi abu kayu pada umbi gadung yang telah diiris tipis. Cara inilah yang dapat menghilangkan kandungan racun, jadi harus benar benar dipastikan kalau seluruh irisan tipis umbi gadung telah terlumuri dengan abu kayu.
  4. Lalu jemur dibawah matahari sampai kering.
  5. Jika sudah cuci bersih irisan umbi gadung yang telah dijemur tadi menggunakan air mengalir
  6. Kemudian jemur kembali irisan umbi gadung tadi sampai benar benar kering.
  7. Jika sudah benar benar kering, maka cara menghilangkan racun telah selesai.

 

Tips Menetralisir Racun Umbi Gadung

Dalam pengolahan umbi gadung yang dijadikan keripik gadung memerlukan beberapa proses yang harus dilakukan dengan teliti, salah satunya adalah proses menghilangkan kandungaan racun yang ada. Berikut merupakan Tips yang dapat digunakan untuk menetralisir racun pada umbi gadung :

1. Melumuri dengan Abu Kayu

Seperti apa yang ada pada pengolahan umbi gadung yang benar, cara pertama untuk menghilangkan racun adalah dengan melumuri umbi gadung dengan abu kayu. Dengan proses dan cara yang tadi sudah dijelaskan itu dipercaya dapat menghilangkan atau setidaknya menetralisir kandungan racun.

2. Melakukan Penggaraman

Seperti yang kita tau, garam ini mempunyai kemampuan antibakteri yang dapat mengurangi racun dan bakteri berbahaya. Cara pengolahannya hampir sama dengan melumuri abu kayu. Bedanya dalam penggaraman ini umbi gadung tidak dijemur, melainkan direndam dengan air garam selama beberapa hari sampai air garam tadi berwarna putih.

Jika air rendaman sudah berwarna putih, gantilah air rendaman tersebut dan rendam kembali umbi gadun sampai air rendaman tidak berwarna.

3. Perendaman Sederhana

Ini merupakan tips yang paling mudah, umumnya dengan merendam umbi gadung seperti apa yang ada pada penggaraman. Bedanya perendaman sederhana ini umbi gadung direndam menggunakan air mengalir sampai warna putih yang ada pada umbi gadung hilang. Jika sudah lalu umbi gadung dapat dijemur.

 

Cara Membuat Keripik Gadung Renyah

cara membuat keripik gadung renyah

Setelah tadi kita membahas mengenai cara menghilangkan racun yang ada, sekarang kita akan membahas mengenai bagaimana cara membuat keripik gadung renyah.

Bahan-bahan :

  • Umbi gadung
  • Abu dapur
  • Garam dapur
  • Bumbu penyedap

Cara membuat :

  1. Pertama tama, kamu dapat memilih umbi gadung yang segar lalu kupas kulitnya sampai bersih
  2. Jika sudah terkupas, kamu bisa iris tipis umbi gadung tadi. Dalam pengupasannya kamu dapat menggunakan alat khusus supaya irisannya merata
  3. Saat umbi gadung tadi sudah teriris tipis lumurilah dengan abu dapur sambil diremas secara perlahan, supaya umbi gadung dapat lunak
  4. Jika sudah jemur irisan tipis gadung yang tadi dilumuri dengan abu sampai kering di bawah terik matahari.
  5. Setelah irisan tipis gadung sudah kering, cuci dan rendamlah irisan tadi pada air yang mengalir selama 3-4 hari.
  6. Selanjutnya jika sudah direndam selama 3-4 hari kamu bisa angkat dan kembali cuci bersih irisan tipis gadung.
  7. Lalu rendam irisan tipis gadung menggunakan air garam, yang jika sudah kamu dapat menjemur kembali irisan tipis gadung sampai benar benar kering.
  8. Jika sudah kering sempurna, irisan tipis gadung telah dapat digoreng untuk dijadikan keripik dengan proses penggorengan. Disini kamu juga dapat menggunakan spinner minyak, supaya keripik gadung dapat matang secara merata.
  9. Jika sudah digoreng angkat dan tiriskan minyaknya. Setelah itu kamu dapat menambahkan sedikit penyedap rasa sesuai selera. Dan keripik gadung pun siap dinikmati.

 

Penutup

Itu tadi merupakan beberapa pembahasan mengenai cara membuat keripik gadung renyah yang terbebas dari racun. Beberapa makanan memang ada yang sebenarnya berbahaya, namun bahaya itu jika diolah dengan benar pasti akan dapat menjadi makanan yang menguntungkan, terutama untuk pebisnis.

Maka dari itu semua tergantung dengan bagaimana cara mengolahnya. Semoga bermanfaat dan salam pebisnis!!!