cara-membuat-kolak-pisang-kolang-kaling

Cara Membuat Kolak Pisang Kolang Kaling Lezat, Hangat maupun Dingin!

Di cuaca yang dingin atau saat musim hujan makanan berkuah yang hangat akan sangat dibutuhkan bukan? Salah satunya kolak pisang kolang kaling, apalagi jika cuaca panas pun kolak pisang bisa diubah menjadi minuman yang segar. Cara membuat kolak pisang kolang kaling juga tidak terlalu sulit, kamu bisa mengikuti langkah pada artikel ini!

 

Kolak Pisang Kolang Kaling

cara-membuat-kolak-pisang-kolang-kaling

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kolak pisang dapat dijadikan hidangan yang cocok untuk musim hujan maupun panas. Penyesuaiannya pun mudah, jika kamu menginginkan hidangan yang hangat kamu dapat membuat kolak pisang kolang kaling yang hangat, jika ingin dingin kamu bisa menambahkan es batu.

Kolak pisang adalah salah satu hidangan tradisional khas Nusantara yang identik dengan bulan Ramadhan. Kolak pisang kolang kaling menjadi hidangan pembuka puasa yang pas.

Olahan kolak pisang yang diolah bersama dengan santan, dan kuah gula aren yang dapat memberikan rasa manis juga gurih secara bersamaan. Kolak pisang sering kali ditambah dengan tambahan seperti kolang kaling yang mampu menambah kelezatan pada kolak.

 

Cara Membuat Kolak Pisang Kolang Kaling

Kolang kaling pada kolak pisang selain menambah rasa dan mempercantik tampilan, juga dapat bermanfaat yang baik untuk kesehatan. Seperti baik untuk menyehatkan saluran pencernaan, mampu mengendalikan kadar gula darah, dapat memelihara kesehatan jantung, meredakan nyeri sendi, hingga mencegah dehidrasi.

Salin itu kolang kali juga dipercaya bisa meningkatkan kesehatan tulang, menjaga kesehatan pada kulit, dan menurunkan berat badan. Itulah mengapa selain lezat kolang kaling juga disukai banyak orang karena manfaatnya, berikut cara membuat kolak pisang kolang kaling.

Bahan-Bahan :

  • 4-5 buah pisang
  • 200 gram kolang kaling
  • 700 ml air
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram gula merah
  • Santan secukupnya
  • 1 lembar daun pandan
  • ¼ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh vanili bubuk

Cara Membuat :

1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan, kupas pisang dari kulitnya, lalu potong menyerong dengan ukuran sesuai selera.

2. Masak air secukupnya dengan panci sampai mendidih.

3. Jika air sudah mendidih, masukkan gula pasir, gula merah, daun pandan, vanili bubuk, dan juga garam, kemudian aduk-aduk sampai gula larut sempurna. Apabila sudah mendidih, matikan kompor.

4. Siapkan saringan bersih, lalu tuang air gula merah ke dalam wadah mangkuk sembari disaring supaya tidak terdapat endapan yang ikut masuk.

5. Lalu masak lagi air gula merah sampai mendidih, selanjutnya masukkan pisang yang sudah di potong-potong bersama dengan kolang kaling, kemudian aduk-aduk sampai mendidih.

6. Setelah itu tambahkan santan yang sebelumnya sudah kamu buat menggunakan mesin pengupas batok kelapa, dengan mesin pengupas kelapa hasil santan akan berkualitas baik. Masukkan santan tersebut ke dalam masakan sembari diaduk terus supaya santan tidak pecah, masak sampai pisang dan juga kolang kaling bertekstur empuk.

7. Jika sudah empuk dan pas, matikan kompor. Angkat dan sajikan di dalam mangkuk atau wadah sesuai selera.

8. Kolak pisang kolang kaling ini dapat kamu sajikan saat masih bersuhu hangat atau juga dengan menambahkan es di dalamnya.

 

Tips Memasak Kolak Pisang Kolang Kaling

Ada beberapa tips untuk memasak kolak pisang kolang kaling agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan. Berikut penjelasannya :

  • Untuk membuat kolak pisang, jenis pisang yang cocok untuk dibuat kolak yakni pisang tanduk, namun bisa juga menggunakan pisang raja nangka atau pisang kapok.
  • Pisang untuk kolak dipilih dengan pisang yang telah matang dari pohon, tapi yang tidak terlalu empuk supaya tidak lembek saat dimasak nantinya.
  • Untuk membuat kolak tidak harus menggunakan campuran santan, jika santan perlu kamu hindari kamu bisa tidak menambahkannya pada kolak kamu.
  • Selain kolang kaling, kamu juga bisa menambahkan bahan tambahan lain, seperti misalnya mutiara, ubi, labu kuning, atau bahan lain sesuai selera kamu.

Itu di acara membuat kolak pisang kolang kaling lengkap dengan tips untuk memasaknya. Jika kamu menginginkan porsi yang besar kamu dapat meningkatkan komposisi bahan di atas, bahkan selain hidangan yang lezat untuk diri sendiri, kolak pisang juga dapat dijadikan usaha yang menguntungkan lho!

Sampai sini dulu pembahasan kita, semoga informasi yang sudah kita bahas bisa membantu kamu dalam membuat kolak pisang dan tentunya menambah pengetahuan kamu.