cara menerjemahkan video youtube ke bahasa indonesia

Cara Menerjemahkan Video YouTube ke Bahasa Indonesia Secara Manual dan Otomatis

Tak dapat dipungkiri, kini YouTube semakin diandalkan oleh para pengguna internet untuk mendapatkan video referensi. Ada begitu banyak konten video yang dibagikan pengguna dari berbagai kategori seperti video edukatif, dokumenter maupun video hiburan. Sayangnya, karena kreator konten ini juga berasal dari penjuru dunia, tak semua pengguna YouTube di Indonesia yang terkendala oleh bahasa. Lalu adakah cara menerjemahkan video YouTube ke bahasa Indonesia?

Fitur Captions untuk Menerjemahkan Video YouTube  

Ya, bahasa masih menjadi salah satu kendala yang banyak dihadapi oleh pengguna YouTube di Tanah Air untuk mendapatkan manfaat maksimal dari video yang mereka tonton. Sebagian besar tayangan informatif, edukatif maupun hiburan masih menggunakan bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Jerman dan sebagainya. Sementara pengguna yang skill listening atau literasi bahasa asingnya kurang, rawan mengalami misinformasi.

cara menerjemahkan video youtube ke bahasa indonesia

YouTube kemudian menawarkan layanan untuk memudahkan pengguna memahami isi dari suara dalam video melalui fitur Captions. Saat fitur ini aktif, Kamu akan melihat subtittle dengan bahasa sesuai pilihan yang telah disediakan oleh kreator. Jadi hasilnya kurang lebih sama seperti pada saat Kamu melihat film yang terdapat terjemahan di bagian bawahnya.

Cek di Sini : Cara Download Video Youtube di HP dan Laptop

Seorang konten kreator yang mengunggah videonya ke YouTube diberi pilihan untuk menambahkan subtitle ke videonya atau disebut sebagai Caption (CC). Apabila kreator tersebut memiliki skrip terjemahan, ia pun bisa menambahkannya ke properti video tersebut. Jika tidak, Kamu tidak akan menemukan terjemahan yang bisa diaktifkan. Artinya, fitur ini hanya bisa bekerja apabila pemilik video menambahkan terjemahan.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, Kamu bisa mengaktifkannya baik secara manual maupun secara otomatis. Cara manual disediakan untuk mengantisipasi ketidaknyamanan menonton tayangan yang menurutmu tidak memerlukan subtitle. Fitur ini bisa Kamu aktifikan di YouTube yang diakses dari perangkat komputer maupun dari smartphone.

Berikut ini contoh langkah-langkah untuk menampilkan terjemahan di YouTube di ponsel 

Cara Manual

  1. Buka aplikasi YouTube lalu temukan video yang ingin Kamu terjemahkan
  2. Setelah ketemu, Kamu bisa jeda pemutaran lalu ketuk tombol "Options" yang ada di sudut atas
  3. Ketuk pilihan Captions dan pilih Indonesian (Bahasa Indonesia)
  4. Lanjutkan pemutaran dan terjemahan akan segera ditampilkan di video yang sedang Kamu tonton

Cara Otomatis

  1. Pastikan bahwa ponselmu sudah menggunakan Bahasa Indonesia dengan cara  mengakses Settings – Language & Input (Bahasa & Masukan) – Bahasa Indonesia
  2. Buka aplikasi YouTube lalu masuk ke Setelan – Teks – Subjudul Google (CC) lalu aktifkan dengan toogle yang menjadi berwarna hijau
  3. Selanjutnya, Kamu bisa mulai menjelajah video di YouTube sesuai keinginan
  4. Saat video yang Kamu maksud diputar, maka terjemahan dalam bahasa Indonesia akan segera ditampilkan pada jendela pemutaran

Bagaimana, cara menerjemahkan video YouTube ke bahasa Indonesia di atas pastinya tak terlalu rumit untuk Kamu lakukan bukan? Dengan begitu, Kamu bisa mendapatkan manfaat maksimal dari video YouTube yang Kamu sukai. Kamu juga tak perlu lagi khawatir salah paham dengan isi video YouTube tersebut.

Namun perlu juga Kamu ingat bahwa mungkin tidak semua video di YouTube yang berbahasa asing dilengkapi dengan terjemahan. Alasannya pun beragam, bisa karena memang pemilik videonya tidak memiliki akses ke layanan penerjemah atau karena keterbatasan sumber daya dan sebagainya. Tapi tetap saja Kamu mencoba mengaktifkan fitur tersebut. Semoga bermanfaat.