septic tank

Cara Mengatasi Septic Tank Meledak Paling Ampuh

Permasalahan yang ada di rumah tidak jauh dari septic tank dan sejenisnya. Penghuni rumah pasti akan merasa panik apabila septic tank meledak. Penyebab dari meledaknya septic tank ini adalah isinya terlalu penuh, sehingga harus segera dilakukan tindakan. Berikut ini adalah cara mengatasi septic tank yang meledak paling ampuh yang harus diterapkan di rumah:

 

1. Menggunakan Obat Pembunuh Bakteri

Kotoran yang ada di dalam septic tank dapat terurai dengan menggunakan bantuan bakteri. Nantinya bakteri tersebut dapat bekerja untuk menguraikan material organik yang ada pada tinja menjadi cairan. Proses tersebut akan membuat septic tank tidak meledak lagi karena kotorannya sudah bisa masuk ke dalam tidak tersumbat lagi.

Pembelian obat penumbuh bakteri ini sangat mudah sekali karena banyak beredar di pasaran. Cara kerjanya adalah dengan memperbanyak tumbuh kembang bakteri untuk menguraikan kotoran. Obat ini memiliki reaksi yang kuat sehingga harus membaca terlebih dahulu aturan pakainya.

septic tank

2. Memanfaatkan Reaksi Soda Api

Kandungan soda api biasanya terdapat pada produk yang termasuk kedalam obat anti sumbat. Perbedaan yang terkandung di dalamnya adalah soda api ini termasuk bahan yang alami namun khasiatnya sama-sama efektif. Dijamin, cara ini dapat mengatasi masalah septic tank yang meledak.

Soda api ini akan bereaksi apabila ditambahkan dengan air biasa. Nantinya soda api dan air akan bekerja untuk menciptakan gelembung yang dapat memecahkan benda asing yang ada di sekitarnya. Berbagai jenis kotoran pun akan lenyap dan dijamin septic tank akan kembali bersih.

3. Membeli Produk Anti Sumbat

Produk anti sumbat terbukti efektif untuk mengatasi septic tank meledak. Obat ini memiliki sifat yang abrasif namun tidak perlu khawatir karena tidak akan merusak susunan pralonnya. Perlu diketahui bahwa produk ini mengandung bahan kimia sehingga harus diperhatikan cara penggunaannya dengan baik.

Cara yang harus dilakukan adalah dengan menuangkan cairan tersebut ke dalam kloset sesuai dengan takaran yang disarankan oleh pabrik. Tunggulah sekitar 10 menit agar produk ini bekerja dengan baik untuk menghancurkan kotoran. Terakhir, bilaslah menggunakan air dengan komposisi yang banyak untuk melunturkan segala kotoran.

4. Mencoba Bubuk Pengurai Mikroba

Bubuk ini bisa menghasilkan mikroba yang dapat digunakan untuk menguraikan kotoran, sehingga kotoran dapat berkurang dari waktu ke waktu. Mulailah untuk memasukkan mikroba tersebut ke dalam kloset kemudian siram menggunakan air biasa. Tunggu mikroba bekerja kira-kira memerlukan waktu 5 jam.

Selama 5 jam jangan gunakan kloset terlebih dahulu agar kerjanya maksimal. Nantinya mikroba ini akan mengubah kotoran menjadi bau sehingga lebih aman. Air yang dihasilkan pun akan tetap meresap kedalam tanah dan tidak akan mengganggu ekosistem tanahnya. Silahkan beli bubuk pengurai mikroba ini di toko pembersih terdekat.

5. Menggunakan Plastik Wrap

Banyak yang tidak mengetahui bahwa plastik ini bisa digunakan untuk mengatasi septic tank yang meledak. Ibu rumah tangga biasanya menggunakan plastik ini untuk membungkus makanan ataupun menutup mangkok. Gunakanlah beberapa lembar plastik baru untuk menutup klosetnya sampai benar-benar kuat. Kemudian, siramlah WC dengan kekuatan yang tinggi agar semua kotorannya masuk ke dalam.

 

Demikianlah cara mengatasi septic tank meledak. Alangkah lebih baik jika mulai menggunakan septic tank bio yang ramah lingkungan dan jarang terjadi masalah. Apabila tertarik untuk memasang septic tank tersebut silahkan kunjungi website https://www.suryafibertek.co.id/septic-tank-biotech/. Website tersebut menyediakan jasa pembuatan septic tank bio dengan kualitas yang terpercaya.