Cara Mengatur Waktu untuk Mendapatkan Nilai Bagus di Kampus

Nilai bagus tidak terjadi secara kebetulan. Keberhasilan di perguruan tinggi bergantung pada keterampilan manajemen waktu pembelajaran yang meningkatkan kinerja akademis kamu.

Tidak ada yang rumit tentang sebagian besar teknik manajemen waktu, selain komitmen untuk menjaga jadwal, menghilangkan gangguan, dan mempersiapkan sebelumnya untuk ujian atau kuis penting. Setelah kamu mempelajari kebiasaan ini, kamu akan selangkah lebih maju dari teman sekelas yang mungkin terlalu banyak bermain daripada kegiatan pembelajaran dalam daftar prioritas pribadi mereka.

Sesuaikan Jadwal

Penjadwalan adalah bagian penting dari manajemen waktu di perguruan tinggi. Untuk menangani semua komitmen akademis kamu yang beragam, misalnya UPH Jakarta sendiri merekomendasikan untuk membuat banyak jadwal.

Mulailah dengan membuat daftar tugas harian, dan ikuti sedekat mungkin. Bagi tugas jangka panjang menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, dan sisihkan waktu singkat setiap minggu untuk menyelesaikannya. Untuk membuat proyek tidak terlalu sulit, mulailah dengan tugas tersulit terlebih dahulu, dan lanjutkan ke tugas yang lebih mudah.

Batasi Sesi Belajar

Terlalu sering, mahasiswa berasumsi bahwa sesi belajar yang lebih lama memastikan hasil yang lebih baik. Lebih baik belajar dalam waktu 45 hingga 60 menit, diikuti dengan istirahat 5 hingga 10 menit.

Batasi hafalan langsung hingga 20 atau 30 menit. Pendekatan ini memfokuskan otak, dan memperkuat pembelajaran Anda sendiri. Kamu akan memanfaatkan periode belajar dengan lebih baik, dan merasa tidak terlalu tergoda untuk menikmati sesi "ngebut" sepanjang malam sebelum tugas atau ujian penting muncul.

Minimalkan Gangguan Apa Pun

Kehidupan kampus terkenal karena banyak gangguan. Matikan ponsel dan perangkat portabel lainnya sebelum Anda mulai belajar, agar panggilan telepon atau pesan teks tidak mengganggu diri kamu. 

Ingatlah bahwa dibutuhkan waktu lima menit untuk kembali fokus setelah setiap gangguan, itulah sebabnya kamu tidak boleh memeriksa email atau mengunjungi situs media sosial selama istirahat belajar. Membiarkan terlalu banyak gangguan ini menyusup ke dalam sesi belajar akan membuat sulit untuk kembali ke jalur yang benar.

Atur Materi Kelas

Nilai bagus lebih sulit diperoleh tanpa sistem untuk mengatur materi kelas. Beli buku agenda mahasiswa untuk mencatat aktivitas, tugas, dan janji temu. Kamu juga harus menandai dengan pembatas yang memungkinkan penyisipan catatan dan materi dengan mudah untuk setiap kelas. Untuk periode kuliah, sorot poin-poin penting dan garis bawahi istilah-istilah kunci, sehingga kamu dapat menemukannya dengan mudah saat Anda meninjau catatan setelah kelas.

Pertimbangan Lainnya

Selalu perhatikan kebutuhan penjadwalan belajar kamu. Misalnya, kamu harus memprioritaskan setiap tugas pada daftar tugas harian, sehingga Anda selalu tahu jika ada sesuatu yang memerlukan tindakan sekarang, atau dapat menunggu hingga besok.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak memaksakan diri. Pertimbangkan undangan sosial terhadap daftar prioritas harian yang Anda buat. Mematuhi jadwal meminimalkan peluang Anda kehilangan fokus, dan membuat peluang untuk waktu luang menjadi lebih bermakna saat kamu memanfaatkannya.

Kembali lagi semua tergantung prioritas kamu, pengaturan jadwal bisa kamu konsultasikan dengan konselor mahasiswa misalnya, kalau di UPH Jakarta. Jangan sampai pendidikan membebani kamu, karena itu seimbangkan kegiatan belajar dan bersosialisasi. Selain jadi menambah ilmu kamu juga harus pintar menambah relasi.