Cara Mengecek Kecepatan Website Menggunakan Tools Secara Gratis

Menurut Ardata Media, kecepatan website adalah salah satu hal yang selalu menjadi prioritas bagi pemilik website. Maka dari itu perlunya kesadaran pemilik website untuk menggunakan Jasa SEO baik itu website toko online, blog, website forum, maupun jenis website lain yang selalu dituntut untuk lebih cepat. Anda harus tahu bahwa website yang Anda miliki sudah cukup cepat atau belum, dan itu harus dilakukan secara teratur. Kita akan membahas bagaimana cara mengecek kecepatan website menggunakan tools secara gratis.

Tapi, apakah Anda sudah tahu mengapa website itu harus cepat? Karena dapat mempengaruhi para pengalaman pengguna internet, jika ada pengguna internet ada yang tidak sabar maka, pengguna internet tersebut akan meninggalkan website yang loadingnya lama atau lebih dari 3 detik dan kemungkinan besar pengguna internet tidak akan kembali untuk mengunjungi website Anda yang lambat loadingnya. 

Cara Mengecek Kecepatan Website Menggunakan Tools Secara Gratis

Lalu, gimana sih cara mengecek kecepatan website menggunakan tools secara gratis? Ada berbagai cara untuk mencoba mengecek kecepatan website. Berikut ada beberapa tools yang dapat Anda gunakan dengan mudah dan tentu gratis. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan dibawah:

 

1. Pingdom

Pingdom merupakan salah satu tools yang digunakan untuk menilai kinerja kecepatan website. Pingdom menggunakan kecepatan website dengan skala 0 sampai 100%. Semakin tinggi nilainya maka kualitas kecepatan website Anda semakin baik.

2. Google PageSpeed Insight

Google akan menilai kecepatan loading website Anda memakai skala persen. Nilainya 0 sampai 49% yang menunjukkan bahwa website Anda lambat. Tools ini juga memberi saran untuk  meningkatkan kualitas user Experience di perangkat mobile.

3. Google Mobile Web Speed Testing

Google Mobile Website Speed Testing digunakan untuk menilai kecepatan website Anda dalam skala 0 sampai 100%. Google Mobile Web Speed Testing juga memberikan saran yang dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website pada perangkat mobile. Anda juga bisa memperoleh laporan kecepatan website melalui email atau langsung yang dikirimkan ke developer webmaster.

4. GTMetrix

GTMetrix sama seperti Pingdom, digunakan untuk mengecek kecepatan website milik Anda. Dengan menggunakan tool ini Anda akan diberi rekomendasi untuk perbaikan masalah apa yang dihadapi dapat mengatasi masalah yang dilakukan di dalam website atas rekomendasi dari  Google PageSpeed Insight dan Yslow.

5. Gift of Speed

Gift of Speed merupakan tool gratis yang digunakan untuk mengecek kecepatan website. Gift of Speed juga sama dengan GTMetrix, dengan tools ini Anda bisa menentukan lokasi pengetesan yang ada di beberapa negara seperti Singapura, Amerika, Belanda dan lainnya. Tidak hanya itu, Gift of Speed juga dapat menguji apakah halaman website sudah mengaktifkan kompresi Gzip menemukan kerusakan pada file, gambar dan juga link.

6. KeyCDN Website Speed Test

Tool gratis ini digunakan untuk menganalisis kecepatan website Anda dengan cepat dan mudah. KeyCDN juga menampilkan ringkasan analisis dan juga preview halaman yang sedang Anda periksa.

7. Website Page Analyzer

Website Page Analyzer ini digunakan untuk mengecek kecepatan website dan juga komposisi website. Tools ini juga memberitahu Anda kecepatan website dengan kecepatan koneksi yang berbeda. Ada 11 aspek indikator penilaian yang direkomendasi untuk meningkatkan kecepatan web.

8. Geek Flare

Geek Flare adalah tool kecepatan website gratis yang masih baru. Software ini digunakan untuk memeriksa kecepatan website di perangkat mobile dan juga perangkat desktop. Geek Flare juga memberitahu informasi dari detik ke beberapa konten di website Anda yang mulai

loading dan pada detik berapa halaman website Anda yang sudah loading secara penuh.

9. Dareboost

Dareboost adalah layanan memeriksa kecepatan website gratis yang kinerja halaman, laporan kualitas, dan juga analisis detail dari beberapa lokasi di seluruh dunia untuk ponsel dan juga komputer.

10. Yellow Lab Tools

Yellow Lab Tools adalah tools kecepatan website yang mudah dan tidak berbelit belit. Tools ini memberitahu nilai dengan skor beserta detail tentang hasil halaman dengan semua detail misal detail Dom, detail permintaan, detail CSS, kemacetan dan juga detail konfigurasi server.

 

Mengecek kecepatan website adalah kegiatan yang dapat dilakukan secara teratur oleh pemilik website. Setelah Anda memahami cara mengecek kecepatan website menggunakan tools secara gratis, Anda dapat melakukan perbaikan dengan rekomendasi dari tools kecepatan website dan yang diharapkan website Anda dapat berjalan dengan lebih baik dan lebih banyak pengunjung lagi di website Anda.