Cara Mengobati Kerumut dengan Air Kelapa Muda Segar yang Memiliki Banyak Manfaat

Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara mengobati kerumut dengan air kelapa muda. Namun, tahukah kamu apa itu kerumut?

Kerumut

Campak atau kerumut adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus yang menunjukkan gejala ruam di seluruh tubuh dan bersifat sangat menular. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius serta sangat mengganggu. Biasanya, gejala campak muncul sekitar satu sampai dua minggu setelah tubuh terpapar virus campak.

Gejala Kerumut

  • Mata merah dan sensitif terhadap cahaya
  • batuk kering, pilek, dan sakit tenggorokan
  • Lemah dan lelah
  • Demam tinggi
  • Sakit dan nyeri
  • Kurang antusias dan kehilangan nafsu makan
  • Diare atau/dan muntah
  • Bercak putih keabu-abuan kecil di mulut dan tenggorokan

Untuk menangani kerumut kalian dapat menggunakan air kelapa. Meski belum terbukti sepenuhnya akan tetapi sudah banyak yang membuktikan kalau air kelapa dapat mengobati atau setidaknya meredakan beberapa gejala yang disebabkan oleh penyakit kerumut ini.

Cara Membuat Minuman Air Kelapa untuk Kerumut

Bahan-Bahan

  • 1 buah kelapa muda
  • Sirup cocopandan
  • Daging buah kelapa
  • Air untuk tambahan

Cara Membuat

  1. Pertama-tama siapkan semua bahan terutama buah kelapanya, kupas dengan memakai mesin pengupas kelapa dan pindah airnya ke gelas yang bersih.
  2. Kedua, keruklah daging buah kelapa muda dengan memakai sendok dan taruh ke dalam mangkung dan campur dengan air kelapa tadi dan masukan ke dalam lemari pendingin minuman.
  3. Ketiga, tuangkan sirup coco pandan dan tuangkan sedikit air, keluarkan air kelapa dari lemari pendingin minuman dan campur dengan sirup cocopandan.
  4. Minuman air kelapa untuk kerumut pun sudah siap, minum selagi dingin dan segar. Atau bisa juga diletakkan dulu di lemari es atau diberi es batu

Cara Mengonsumsi Air Kelapa dengan Benar

Untuk mendapatkan manfaat air kelapa yang maksimal, sebaiknya konsumsi air kelapa murni yang didapat langsung dari buah kelapa. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk tidak menambahkan gula pasir atau pemanis buatan saat mengonsumsinya.

Jika Anda mengonsumsi air kelapa dalam kemasan, pastikan kemasannya tidak rusak dan perhatikan kandungan nutrisi di dalamnya. Kebanyakan air kelapa dalam kemasan sudah tidak murni lagi dan sudah diberi bumbu atau tambahan gula. Jika dikonsumsi dengan berlebihan, tentu tidak baik untuk kesehatan.

Anda bisa menyimpan air kelapa kemasan di lemari es agar tetap segar. Namun, saat dibuka, segera konsumsi air kelapa kemasan setidaknya dalam waktu 24 jam.

Manfaat Lain Air Kelapa

1. Meningkatkan Stamina Tubuh

Tak hanya memberi efek menyegarkan, air kelapa juga bisa meningkatkan stamina tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat dalam air kelapa bisa digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan energi, sehingga Anda bisa lebih semangat dalam menjalankan aktivitas.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Air kelapa mengandung berbagai antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang menyebabkan berbagai macam penyakit. Namun, manfaat air kelapa masih perlu dipelajari lebih lanjut.

 

Itulah pembahasan artikel kali ini mengenai cara mengobati kerumut dengan air kelapa muda yang segar. Sampai jumpa di artikel saya yang selanjutnya.