cara menyimpan buah agar tidak cepat busuk

Cara Menyimpan Buah Agar Tidak Cepat Busuk

Hallo semuanya, pada artikel dan juga kesempatan kali ini saya mau bagikan tips untuk kalian semua cara menyimpan buah agar tidak cepat busuk, karena pastinya kalian juga tahu kalau buah disimpan begitu saja pastinya tidak akan tahan lama dan menjadi busuk.

Biasanya, buah sehabis dikupas atau dipotong langsung dikonsumsi sampai habis namun tidak semua orang juga pastinya sempat atau bisa menghabiskan sekaligus buahnya dalam satu waktu.

Oleh karena itu, disini saya akan membagikan tips untuk kalian cara menyimpan buah agar tidak cepat busuk.

cara menyimpan buah agar tidak cepat busuk

Memakai Jeruk Nipis

Untuk tips yang pertama, kalian dapat memanfaatkan jeruk nipis untuk buah saat disimpan agar tidak cepat membusuk.

Kalian hanya cukup memberi sedikit satu atau dua sendok makan air perasan jeruk nipis ke buah secara merata, kemudian masukan ke dalam wadah dan ditempatkan di kulkas atau mesin pendingin.

Rendam Air Dingin

Tips selanjutnya adalah kalian bisa memanfaatkan air dingin untuk mengawetkan buahnya agar tidak cepat busu, karena air dingin bisa bantu untuk memberhentikan proses oksidasi yang dialami oleh buah.

Tak hanya itu, air dingin juga bisa bantu mempertahankan dan menjaga enzim-enzim yang terdapat pada buah, sehingga rasa buah tidak akan berubah dan masih terasa segar.

Untuk tipsnya, kalian hanya perlu merendam buah ke dalam air dingin dan memasukkannya ke dalam wadah dan ditempatkan kulkas.

Atau lebih bagus lagi, kalian bisa biarkan buah tetap terendam di dalam air dingin kemudian ditempatkan di mesin pendingin atau kulkas, sehingga bisa membuat buah lebih awet dan tahan lebih lama.

 

Rendam Air Garam

Tips yang ketiga, yakni bisa manfaatkan air garam untuk mengawetkan buah agar tidak cepat busuk. Caranya kalian hanya perlu merendamnya dengan air garam selama 3 sampai 5 menit saja, kemudian buah dicuci sampai bersih.

Setelah itu kalian cuma perlu masukkan buahnya ke dalam wadah yang tertutup dan tempatkan di mesin pendingin atau kulkas, hal itu bisa membuat buah menjadi tidak cepat busuk dan tahan selama beberapa jam.

 

Membungkusnya Dengan Sealer atau Plastik Wrap

Untuk tips ini, kalian cuma perlu membungkus buah dengan plastik wrap yang kedap udara dan menempatkan penyimpanannya ke dalam mesin pendingin.

Kalian juga bisa menggunakan sealer dengan cara menyegelnya memakai alat vacuum sealer supaya buah menjadi tertutup rapat dan kedap dari udara, kemudian kalian masukkan kedalam mesin pendingin atau mesin kulkas.

Hal ini bisa bikin buah kalian tahan, awet, dan terjaga kesegarannya hingga 12 jam atau bahkan bisa lebih.

 

Menggunakan Tisu Dapur

Tisu dapur juga bisa kalian manfaatkan loh untuk mengawetkan buah kalian agar tidak cepat busuk, caranya kalian hanya perlu membungkusnya dengan tisu dapur kemudian ditempatkan di wadah yang kedap dari udara.

 

Simpan dalam Freezer

Tips terakhir untuk menyimpan buah agar tidak cepat busuk yakni, menyimpannya ke dalam freezer atau pembeku.

Di tips kali ini kalian cuma perlu memasukkan buah kalian ke dalam wadah tertutup yang rapat dan dimasukkan kedalam pembeku atau freezer. Di tahapan ini pun kalian tidak perlu mencuci buahnya sebelum dimasukkan ke dalam freezer.

Tetapi, kalian tetap harus mencuci buahnya sebelum kalian konsumsi, dan juga hendaknya suhu yang digunakan freezer sekitar 2 sampa 7 derajat celsius saja.

Dikarenakan jika terlalu dingin bisa buat kulkas menjadi kerja lebih, dan jika terlalu rendah membuat buah nantinya malah akan jadi kering.