Cara Olahraga untuk Skoliosis yang Aman dan Nyaman

Sampai saat ini sudah banyak beredar sebuah mitos, ketika seseorang terlalu memaksa untuk olahraga maka bisa menyebabkan skoliosis. Namun mitos tersebut sama sekali tidak ada benarnya. Sebenarnya penyakit ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Skoliosis merupakan kondisi tulang belakang yang mengalami gangguan sehingga terlihat miring. Namun semua bisa dihindari dengan rajin olahraga untuk skoliosis.

Kondisi tulang punggung yang terlihat miring ini bisa terjadi karena bawaan lahir, kebiasaan yang salah dan terjadi kecelakaan. Ketika seseorang menderita sakit skoliosis maka tidak boleh melakukan gerakan yang sembarangan. Bagian tulang belakang yang sering terjadi yaitu pada tulang belakang bagian bawah dan sejajar dengan dada.

Inilah Gerakan Olahraga untuk Skoliosis yang Benar

Walau penderita skoliosis tidak boleh gerak secara sembarangan, bukan berarti mereka dilarang untuk bergerak. Terdapat beberapa gerakan olahraga untuk skoliosis yang bisa anda lakukan secara rutin.

Peregangan ringan pada punggung untuk mengurangi ketegangan

Silahkan melakukan peregangan ringan pada otot punggung guna untuk mengurangi otot yang tegang. Jadi penderita skoliosis juga sangat disarankan untuk rutin melakukan peregangan agar otot-otot tubuh menjadi lebih lentur. Silahkan lakukan gerakan peregangan ini secara rileks. Olahraga dirumah untuk skoliosis ini mulai dari membungkukkan badan ke depan, ke belakang, ke samping kanan dan ke samping kiri.

Ketika menggerakan badan, tangan akan mengikuti sesuai arah badan saat ditekuk. Ketika ditekuk ke depan maka tangan kanan dan kiri diletakkan di atas kepala. Ketika arahnya ke kanan maka tangan kanan diletakkan di atas kepala. Silahkan tahan gerakan ini sekitar 10 detik.

Rutin Melakukan Aktivitas Berenang

Melakukan aktivitas berenang memang sangat baik untuk penderita skoliosis. Namun jangan melakukan gerakan renang yang susah seperti gerakan gaya kupu-kupu. Mengingat melakukan gaya kupu-kupu ini terlalu ekstrim. Berenang memang menjadi salah satu solusi yang disarankan oleh dokter untuk membantu penderita skoliosis.

Tentu dengan rutin melakukan renang maka bisa membantu anda untuk memperkuat tulang belakang. Selain itu membuat otot di tulang belakang lebih simetris dan seimbang. Tekanan air ketika berenang juga sangat baik untuk kesehatan paru-paru dan jantung. Gaya yang sangat disarankan yaitu gaya bebas.

Melakukan gerakan yoga

Ketika anda melakukan gerakan yoga secara rutin maka bisa membantu memperbaiki postur tubuh bagian tulang belakang. Jadi ada beberapa gerakan yang aman untuk dipraktikkan oleh penderita skoliosis salah satunya gerakan yang fokus pada ruas-ruas tulang belakang. Walau pada awal-awal terasa sakit namun gerakan ini kalau dilakukan secara rutin sangat baik untuk memperbaiki postur tulang belakang yang tidak simetris.

Aktivitas olahraga bersepeda bisa memperkuat otot punggung

Aktivitas yang tidak kalah pentingnya untuk penderita skoliosis adalah dengan rutin melakukan bersepeda. Olahraga kardio untuk skoliosis disarankan menggunakan sepeda statis dengan lintasan lurus agar tulang belakang juga bisa mengikuti gerakan anda. Hal ini bertujuan untuk menghindari lintasan yang terlalu menanjak untuk mengurangi tekanan yang lebih berat di tulang belakang. Rutin melakukan bersepeda bisa berdampak positif bagi kekuatan dan kepadatan tulang belakang manusia. Bersepeda juga bisa menguatkan otot dan bisa melatih paru-paru dan jantung.

Melakukan gerakan Taichi yang sangat aman untuk penderita skoliosis

Gerakan Taichi merupakan salah satu olahraga tradisional Cina yang mempraktikkan gerakan pelan, lembut, dan lemah gemulai, sehingga aman untuk penderita skoliosis. Kemudian melakukan gerakan pernafasan yang dalam serta memusatkan pikiran guna melakukan meditasi. Tentunya dengan melakukan gerakan yang pelan, lembut, dan tenang ini bisa membuat emosi anda sekalian tenang dan rileks.

Gerakan Taichi ini berpusat pada area pinggang, sehingga bisa membuat otot perut menjadi lebih kuat dan otot pinggang anda menjadi lebih lentur. Dengan rutin melakukan gerakan taichi bisa membantu anda memperkuat ruang tulang punggung.

 

Demikianlah penjelasan mengenai gerakan olahraga untuk skoliosis yang aman. Tentunya dengan melakukan secara rutin bisa memberikan dampak positif bagi kondisi tulang belakang anda. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.