Daerah yang Terkenal Akan Kerajinan Kayu Ukir

Di indonesia sendiri banyak daerah yang menghasilkan kerajinan ukir kayu, namun yang paling terkenal dan mendunia adalah kota jepara, dimana sampai saat ini ukiran kayu jepara menjadi pusat industri mebel kayu terbesar di indonesia. Untuk itulah kenapa banyak pebisnis datang ke kota ini untuk memasarkan dan menjual produk kerajinan ukirnya.

Di jepara yang terletak di pulau jawa, tepatnya di jawa tengah bagian utara. Kota ini berbatasan langsung dengan demak dan kudus, lokasinya memang tidak di jalur pantura walaupun letaknya di pesisir utara pulau jawa. Mayoritas masyarakat bekerja dibidang perkayuan atau permebelan.

Di jepara sendiri ukiran sudah ada sejak abad ke 19, dan sampai sekarang masih menjadi faktor utama dalam perekonomian kota tersebut. Mebel dan ukir jepara diturunkan turun temurun ke generasi ke generasi selanjutnya, sehingga semakin berkembang dan mengikuti perjkembangan zaman dan permintaan pasar. Dimana motif ukiran semakin beragam, dengan corak abstrak dan motif lainnya yang memang memiliki model dan motif menarik.

Ukiran jepara saat ini digunakan untuk menambah hiasan di berbagai produk perabot kayu rumah tangga, cafe dan juga resto, dari mulai motif abstrak, motif trubusan yang paling terkenal seperti daun yang keluar dari ranting dan juga beberapa motif lainnya. Dengan material kayu jati solid sehingga hasil ukiran lebih hidup, kuat serta tahan lama dan mudah dibentuk.

Namun dengan berkembangnya zaman ukiran jepara saat ini terancam punah, karena adanya pergeseran budaya dan pekerjaan, dimana generasi muda sekarang lebih suka kerja di pabrik tekstil, pabrik sepatu dan juga elektronik, sehingga penerus tukang ukir semakin sedikit, untuk itu kalau tidak dilestarikan maka akan semakin punah kedepannya.

Di jepara sendiri banyak pengrajin mebel ukir yang memasarkan berbagai produk melalui internet seperti halnya website https://www.cahayameubel.com yang memasarkan berbagai produk ukirnya dengan desain unik dan bermaterial kayu jati berkualitas. Ini akan memberikan anda beberapa keuntungan, dari segi harga anda mendapatkan harga terjangkau langsung pengrajin. Dari segi kualitas dan bahan baku, anda mendapatkan yang terbaik karena menggunakan kayu jati solid dan tukangnya langsung dari jepara. Itulah keuntungan belanja di pengrajin mebel ukir secara langsung.