Daftar Gaji Pemadam Kebakaran di Indonesia 2022

Meskipun termasuk pekerjaan yang berbahaya. Namun hingga saat ini profesi tersebut masih banyak dilirik oleh berbagai kalangan. Salah satu faktornya yaitu karena gaji pemadam kebakaran yang terhitung lumayan besar. Bahkan bisa diangkat menjadi PNS.

 

Mengenal Profesi Pemadam Kebakaran

Perlu diketahui bahwa profesi ini memiliki sebuah motto yakin pantang pulang sebelum padam. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa tugas pokoknya ialah memadamkan dan menyelamatkan jiwa dari ancaman kebakaran. Lalu berapa gaji perbulan nya?.

Seorang pemadam kebakaran juga memiliki tugas untuk melakukan evakuasi sarang tawon, menyelamatkan hewan yang terjebak. Umumnya profesi ini bekerja di bawah pemerintahan daerah setempat. Sedangkan keahlian yang harus dimiliki seperti manajemen keadaan darurat.

Berbeda dengan di luar negeri. Pemadam kebakaran di Indonesia biasanya hanya berpendidikan SMA. Hal itu tentunya berbeda dengan yang ada di luar negeri. Misalnya di Amerika yang mewajibkan harus mengenyam pendidikan sarjana terlebih dahulu.

Seorang pemadam kebakaran di Indonesia biasanya hanya lulusan SMA. Hal itu tentunya sangat berbeda dengan syarat yang diberlakukan di luar negeri. Dimana di sana syarat untuk menjadi petugas harus berpendidikan minimal sarjana.

Besaran Gaji Pemadam Kebakaran

Perlu diketahui bahwa untuk menjadi seorang pemadam kebakaran harus siap ditugaskan kapan dan di mana saja. Selain itu profesi ini juga harus memiliki fisik dan mental yang kuat. Hal itu dikarenakan jam hanya yang tidak menentu dan dituntut harus siap 24 jam.

Di dalam menjalankan tugasnya pemadam kebakaran juga perlu mempertaruhkan nyawanya. Hal itu dilakukan untuk bisa menjinakkan Si Jago Merah. Profesi ini setiap bulannya tidak hanya mendapatkan gaji pokok tetapi juga berhak memperoleh tunjangan.

Sementara untuk besarnya gaji ditentukan berdasarkan posisi, status dan masa kerjanya. Untuk upah pemadam kebakaran wanita akan berbeda dengan pria. Hal itu dikarenakan perbedaan tugas dan tanggung jawab yang dijalani. Berikut informasi detail tentang penghasilannya di beberapa negara.

Negara

Jumlah Gaji perbulan

Indonesia

Rp 1.750.000.- Rp 4.000.000

Cina

Rp. 16.800.000

Amerika

Rp. 34.000.000

Australia

Rp. 68.900.000

Jepang

Rp. 44.335.000

Untuk petugas damkar yang berstatus sebagai PNS. Selain mendapatkan gaji pemadam kebakaran juga berkesempatan untuk memperoleh tunjangan golongan. Bagaimana apakah mulai tertarik untuk bergabung?.

Sumber: gajiperbulan.com