Faktor Utama yang Dapat Meningkatkan Kerja Sama Team

Jika anda berada dalam sebuat team yang berisi orang-orang yang dengan kualitas terbaik di bidangnya, anda pasti berpikir bahwa perjalanan karir anda akan berjalan dengan baik dan sukses. Nyatanya yang akan terjadi malah kebalikannya. menurut google siapa yang berada di team dalam menjalankan suatu proyek itu tidak penting melainkan bagaimana cara mereka melakukan kerja sama dalam sebuah team tersebut lah yang sangat penting dalam menentukan sukses tidaknya suatu proyek dijalankan.

Meningkatkan Kerja Sama Team

Untuk dapat meningkatkan kerja sama antar team Prasad Setty selaku VP people Analytics Google mempunyai beberapa tips dan trik, berikut 3 faktor utama yang dapat meningkatkan performa kerja sama team.

Tingkatkan Interaksi

Jika anda menginginkan meningkatnya interaksi yang baik diantara team project anda salah satu kuncinya adalah dengan menjelaskan batapa pentingnya projek yang sedang dijalankan ini bagi seluruh team bukan hanya untuk kepentingan atasan semata.

Berikan Kepercayaan dan Dukungan

Pada saat awal proyek dimulai, kebanyakan manager terlalu banyak menghabiskan waktu untuk mengatur struktur organisasi dalam proyek tersebut, dengan keadaan seperti itu maka team anda biasanya akan menjadi rapuh. kebanyakan team akan mengerjakan pekerjaan yang hanya diperintahkan, dengan keadan ini antusiasme dan inovasi akan terasa jauh berkurang. Team dengan keadan kaku seperti ini akan mudah merasa tertekan dan sulit menerima perubahan.

Untuk mengatasi hal ini berikan kenyamanan dan kebebasan team anda untuk dapat mengerjakan pekerjaan yang telah ditentukan dengan teknik mereka sendiri, dengan begitu mereka akan dapat merasakan kenyamanan dalam bekerja dan memberikan hasil maksimal tanpa tekanan.

Belajar dari Skenario Terburuk

Ada metode unik yang dilakukan oleh Astro Teller, Head of Google X "Moonshot Project", dalam meningkatkan kerja sama team, semua orang pasti berharap mendapatkan hasil yang bagus untuk project yang sedang dikerjakan , namun kita juga harus mempunyai rencana cadangan jika ternyata skenario terburuk yang kita dapatkan.

Untuk dapat meningkatkan kolaborasi team, google mempunyai layanan kolaborasi team berbasis cloud yang diberi nama Google Workspace, layanan ini sangat direkomendasikan untuk team anda.