Ini Dia Cara Membuang Sampah Masker Supaya Virus Covid 19 Tidak Menyebar

Di masa pandemi covid 19 seperti saat ini kita tentu harus lebih waspada dan lebih menjaga kebersihan diri sendiri dan juga lingkungan. Di masa pandemi kita sebagai masyarakat harus lebih sadar dalam memisahkan sampah masker dan juga sarung tangan yang digunakan sekali pakai dari sampah lainnya. Hal ini tentu bertujuan untuk mencegah potensi penularan dari virus ditengah pandemi ini.

Saat ini pemerintah tentu sudah menyiapkan protokol pengelolan masker bekas. Karena sampah jenis ini sangat potensial untuk masuk pada kategori limbah beracun dan berbahaya.

Dalam protokolnya masyarakat sudah seharusnya melakukan proses disinfeksi sederhana terhadap masker bekas pakai. Kemudian masker yang akan dibuang harus digunting atau dipotong dan ditempatkan ke dalam wadah yang terpisah dari jenis sampah lain dengan memberikan tanda khusus.

Langkah ini harus dilakukan untuk melindungi petugas kebersihan yang bekerja dalam penanganan sampah. Di sisi lain, jika tidak dilakukan seperti ini khawatir masker bekas sekali pakai dimanfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab untuk dipakai ulang atau bahkan dijual kembali pada masyarakat sehingga sangat berbahaya bagi pemakainya.

Sampah bekas masker sekali pakai ini bisa termasuk kedalam kategori sampah infeksius yang bisa menyebabkan penyebaran penyakit. Maka dari itu, diperlukan penanganan khusus supaya tidak menjadi cluster penyebaran covid 19 yang baru.

Setelah mengumpulkan masker bekas pakai, melakukan disinfeksi, merusak masker bekas dengan memotong atau mengguntingnya, lalu dibuang ke tong sampah fiberglass dengan diikat plastik.

Hal selanjutnya ialah mencuci tangan dengan sabun, mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir setidaknya selama 30 detik. Jika tidak tersedia sabun dan air bersih, maka kamu bisa menggunakan hand sanitizer selama 20 detik.

Semoga dengan melakukan langkah ini sampah sisa masker sekali pakai dan sarung tangan bisa diolah dengan baik dan tidak mencemari lingkungan. Selain itu, tidak menjadi ancaman pencemaran virus covid 19 yang sedang menyebar di Indonesia. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, mencuci tangan, dan selalu menggunakan masker ya.