Jangan Disepelekan! Inilah Manfaat Pipa Angin-Angin Pada Septic Tank

Mungkin Anda sering melihat pipa angin-angin pada septic tank yang sedikit menjulang di atas septic tank. Itu bisa sangat berguna untuk sistem septic tank yang dibuat, di samping pipa khusus untuk sedot WC jika akan menguras septic tank.

Desain septic tank harus dipastikan aman agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Termasuk salah satunya septic tank yang meledak karena tidak adanya pipa angin-angin sebagai ventilasi.

Kotoran tinja sendiri mengandung gas metan yang berbahaya jika tidak dikeluarkan melalui pipa angin-angin.

Manfaat Pipa Angin-Angin Septic Tank

Dengan adanya pipa angin-angin ini setidaknya septic tank yang Anda miliki sudah sesuai standar. Biasanya menggunakan pipa PVC berukuran diameter 1,5 inch yang dibentuk menyerupai huruf T.

  • Sebagai ventilasi atau sirkulasi udara

Pipa tersebut berfungsi baik sebagai sirkulasi udara, dimana tekanan udara di dalam septic tank sangatlah tinggi. Untuk itu perlu dikeluarkan melalui pipa tersebut dengan tujuan untuk mencegah ledakan.

  • Bagus untuk perkembangan bakteri pengurai

Keberadaan bakteri pengurai sangat bagus agar kotoran tinja segera diuraikan sehingga tidak mudah penuh. Kalaupun penuh, Anda perlu menggunakan jasa sedot WC dari Sedot WC Abadi untuk menguras volume kotoran septic tank.

Bakteri bisa berkembang dengan baik karena adanya sirkulasi udara yang lancar melalui pipa. Jika tidak ada sirkulasi udara, kemungkinan bakteri akan mudah mati dan tidak ada pengurai kotoran.

  • Mengurangi aroma bau di kamar mandi

Bayangkan jika tidak ada pipa angin-angin, sirkulasi udara dari kotoran akan kembali ke kamar mandi. Akibatnya akan tercium bau tidak sedap keluar dari saluran pembuangan, hal ini jelas menimbulkan ketidaknyamanan.

Selain mengurangi aroma bau ke kamar mandi, septic tank yang dilengkapi dengan pipa angin-angin bisa membuat septic tank tahan lama. Dalam hal ini tidak cepat penuh karena bakteri pengurai tetap tumbuh berkat adanya pipa angin-angin.

Sangat penting desain septic tank itu dilengkapi dengan pipa angin-angin agar mencegah terjadinya ledakan. Kemudian memudahkan juga untuk jasa sedot WC menemukan letak septic tank ketika akan melakukan pengurasan.