gagang pintu

Jenis Gagang Pintu yang Bisa Dipilih di Pasaran

Gagang pintu merupakan salah satu elemen penting pada bagian pintu yang dipunyai. Gagang tersebut mempunyai fungsi untuk memudahkan membuka dan menutup pintunya. Apabila pintu tidak mempunyai gagang, maka tentunya akan susah untuk membuka atau menutup pintu tersebut. Gagang pintu sendiri bisa ditemukan di semua pintu, mulai dari pintu rumah, pintu bangunan di kantor, pintu mobil, dan juga pintu lainnya. Ketika akan memilih gagang pintu bisa untuk mengetahui jenisnya terlebih dahulu. Sehingga akan membantu mendapatkan jenis gagang yang sesuai dengan kebutuhan. Adapun beberapa jenis gagang pintu yang dapat dipilih adalah:

 

1.    Gagang pintu jenis lever

Jenis gagang pintu pertama yang bisa dipilih ketika akan membeli dan membutuhkan alat ini adalah lever. Jenis ini merupakan gagang pintu yang paling umum ditemui dan digunakan. Bentuk gagang pintu ini adalah huruf S dengan mempunyai tuas bentuk bulat, persegi, maupun lengkungan yang tipis. Jenis ini merupakan gagang pintu dengan cara menekan tuas ke bagian bawah terlebih dahulu yang akan memudahkan untuk membuka pintu.

Gagang pintu ini membutuhkan perawatan yang cukup ribet karena apabila pegas patah atau juga tersangkut maka akan susah untuk membuka pintu. Walaupun begitu, keuntungan gagang pintu jenis ini yaitu cocok untuk dipasang di tempat umum dan juga bisa dimanfaatkan penyandang disabilitas tanpa kesulitan mempunyai jenis ini merupakan produk paling umum digunakan.

gagang pintu

 

2.    Knob

Jenis gagang pintu selanjutnya yang bisa dipilih adalah knob yang mempunyai cara membuka pintu dengan cara diputar. Knob mempunyai ukuran kecil dan juga memberikan tampilan yang sederhana pada pintu. Selain itu keunggulan gagang pintu jenis ini juga aman untuk anak-anak karena mempunyai bentuk bulat kecil yang tidak mempunyai sudut, sehingga bisa mencegah anak-anak bisa terluka. Cara kerja jenis ini juga mudah sehingga bisa digunakan baik untuk anak, orang tua, dan juga orang disabilitas.

3.    Recessed

Jenis gagang selanjutnya yang bisa dipilih ketika akan memilih handle pintu adalah recessed. Gagang ini merupakan jenis gagang pintu yang sudah tertanam ke dalam pintu, sehingga tidak perlu untuk dipasang handle tambahan lagi. Gagang pintu recessed cocok untuk jenis pintu sliding atau yang cara bukanya dengan digeser. Sehingga memudahkan untuk menggeser pintu dan mempunyai banyak bentuk yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Selain sangat cocok digunakan untuk gagang pintu geser, jenis ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuka pintu dengan cara buka yang biasa.

4.    Pull

Jenis gagang pintu terakhir adalah pull yang merupakan jenis sering dilihat pada pintu yang ditarik dan didorong. Gagang pintu ini biasanya mempunyai ukuran besar sehingga bisa memberikan kesan yang mewah dan juga elegan. Pada kedua sisi pintu akan dipasang dengan gagang jenis ini dan bisa memilih desain yang beragam. Jenis gagang pintu ini biasanya mempunyai ukuran yang cukup besar dibandingkan lainnya sehingga pas untuk didorong atau ditarik dengan tangan.

 

Di atas merupakan pilihan jenis gagang pintu atau handle pintu yang bisa dipilih. Ketika akan memilihnya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera pribadi. Atau bisa disesuaikan dengan konsep rumah yang dipunyai, sehingga bisa memilih gagang pintu yang sesuai dengan konsep atau tampilan rumah yang dipunyai. Ketika memilih gagang pintu ini juga bisa memperhatikan material dan tempat yang dipunyai, sehingga bisa mendapatkan pilihan gagang pintu terbaik.