genteng aspal

Jenis-Jenis Genteng Aspal yang Bisa Tahan dalam Berbagai Cuaca

Genteng aspal atau yang lebih populer dengan sebutan bitumen di Indonesia merupakan jenis atap yang sebenarnya populer di Amerika, negara asli pembuatnya, karena ketahanannya yang cukup tinggi dari berbagai kondisi cuaca, baik itu hujan maupun panas. Atap yang satu ini juga punya usia pakai yang tergolong lebih panjang atau lama. Sehingga bukan hal yang mengherankan sekarang lebih banyak orang yang mengganti atap lama mereka dengan memakai bitumen ini.

genteng aspal

 

Sebelum itu maka penting untuk mengenali terlebih dahulu ragam jenis dari bitumen berikut ini.

1.    Bitumen onduline, jenis yang satu ini termasuk yang paling populer atau banyak digunakan saat ini, dimana untuk bentuknya sendiri adalah bergelombang dengan bobot yang ringan namun tetap kokoh. Ia dirancang secara khusus agar nantinya mampu menahan panas dari sinar matahari.

2.    Bitumen Guttapral, bentuknya sendiri adalah bergelombang dengan bahan bitumen yang ringan. Selain dari segi bobotnya yang ringan maka ia juga memiliki keunggulan yaitu anti pecah serta tahan lama juga ramah lingkungan, karakteristiknya lentur sehingga mudah dibentuk serta dipasang.

3.    Bitumen onduvilla, material yang satu ini ringan terbuat dari fiber selulosa, bitumen serta resin yang punya ketahanan bagus terhadap panas dan juga tekanan. Ia juga punya ketahanan terhadap air sehingga bisa melindungi bangunan Anda dari cuaca yang ekstrim.

4.    Bitumen CTI, ini adalah produk yang tidak mudah pecah maupun rusak, karena memang kandungan bahan aspal serta serat yang ada didalamnya. Strukturnya sendiri secara khusus dibuat dengan saluran udara yang dapat mengurangi terjadinya pengembangan.

5.    Bitumen ondura, ia dibuat dari lapisan tunggal serat organik yang juga dicampur dengan bitumen lewat proses penekanan serta pemanasan yang tinggi, ia dirancang tahan terhadap udara.

 

Pemilihan jenis dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, harga atap aspal ini sendiri memang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan genteng biasa, namun sesuai dengan usia pakainya yang memang lebih panjang. Tahan lama untuk menghadapi berbagai kondisi cuaca.