Kamu Harus Tahu! 6 Makanan Indonesia Ini Ternyata Memiliki Kesamaan Dengan Makanan Dari Luar Negeri!

Jika kalian membandingkan masakan indonesia dengan masakan dari luar negeri, hal yang tidak akan kalian dapat di luar negeri yaitu makanan khas Indonesia memiliki rempah yang begitu komplek dan juga mempunyai banyak sekali variasi.

Masakan indonesia di tiap daerah sangat berbeda-beda dan rempahnya pun yang digunakan juga berbeda. Dan juga dari segi cara mengolah masakan itu menjadi siap di santap pun juga berbeda. Sehingga memunculkan ciri khas masing-masing setiap daerahnya.

Maka tidak diragukan lagi bahwa masakan indonesia jika tidak dibuat oleh orang indonesia langsung maka hasilnya juga akan berbeda. Memang jenis makanan di dunia sangat bervariasi sehingga ada beberapa makanan indonesia yang mirip dengan makanan yang ada di luar negeri.

Nah, disini kita akan membahas makanan yang mirip dengan makanan luar negeri, mari kita simak yang berikut ini.

1. Bakwan Sayur dengan Kakiage

Makanan indonesia yang mirip dari makanan luar negeri yang pertama adalah bakwan sayur. Bakwan sayur merupakan camilan yang berbahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan air sehingga menjadi adonan tepung yang dicampur dengan sayur-sayuran seperti kol, wortel dan kecambah lalu digoreng.

Camilan ini biasanya disajikan dengan makanan utama sebagai makanan pendukung untuk menambah lauk. Camilan yang satu ini sangat banyak dijual di pinggir-pinggir jalan bersama aneka camilan gorengan lainnya seperti, tahu, mendoan, pisang goreng dan lain sebagainya.

Dan ternyata bakwan sayur ini terinspirasi dari makanan jepang yang bernama kakiage yang merupakan cemilan khas jepang yang berbahan dasar yang sama yaitu tepung beras yang dibuat adonan dan tambahan sayuran seperti wortel, kol dan lainnya, dan kemudian digoreng.

2. Bihun Goreng dengan Japchae

Makanan indonesia yang mirip dari makanan luar negeri selanjutnya adalah bihun goreng. Bihun goreng merupakan mie berwarna putih yang terbuat dari bahan dasar tepung beras yang dibuat menjadi mie.

Bihun yang dijual di pasaran biasanya sudah menjadi bungkusan mie instan sehingga tidak perlu lagi untuk membuat adonan yang akan dijadikan mie.

Dan ternyata terdapat makanan yang sama yang ada di luar negeri yaitu japchae yang merupakan makanan khas korea selatan yang terkenal. Kedua makanan ini hampir mirip, namun ada beberapa perbedaan yaitu di japchae tidak memakai bihun sebagai bahan dasarnya tetapi memakai mie yang berbahan dasar ubi.

3. Mie Goreng Jawa dan Yakisoba

Selanjutnya ada mie goreng atau biasa dikenal dengan mie goreng jawa. Mie goreng merupakan hidangan yang sangat populer di indonesia biasanya dimasak dengan dicampur dengan sayur-sayuran dan berbagai toping lainnya seperti daging, sosis, bakso dan lainnya.

Mie goreng jawa ini juga memiliki kembaran dengan makanan jepang yaitu yakisoba yang merupakan makanan berbahan dasar soba yang ditumis dengan berbagai macam sayuran dan bumbu-bumbu khas jepang lainnya. Biasanya pelengkap dari yakisoba ini menggunakan sejenis gorengan udang yang biasa disebut dengan tempura.

4. Paella dan Nasi Kuning

Nasi kuning merupakan makanan yang biasanya disajikan ketika hari ulang tahun seseorang atau acara-acara tertentu. Dan bahkan ketika merayakan ulang tahun kemerdekaan negara juga biasa menyajikan nasi kuning yang dibentuk kerucut atau tumpeng.

Warna kuning yang berasal dari kunyit membuat aroma nasi tersebut semakin wangi dan menambah nafsu makan. Nasi kuning pun mempunyai kembaran yaitu paella yang merupakan makanan yang berasal dari spanyol yang sangat mirip sekali.

Makanan ini dibuat dengan bahan dasar nasi yang dicampur dengan bumbu-bumbu khas spanyol dengan diberikan ayam di atasnya sebagai lauk. paella dan nasi kuning memiliki nasi yang berwarna sama yaitu kuning.

5. Sambal dan Gochujang

Jika berbicara tentang sambal, pastinya hampir seluruh masyarakat Indonesia sangat menyukai sambal. Sambal merupakan makanan pelengkap makan yang biasa ada di masakan indonesia, jika masakan indonesia tidak terdapat sambal maka makanan tersebut tidak terasa lebih nikmat atau kurang lengkap.

Dan hal menariknya, sambal juga mempunyai kembaran loh, yaitu gochujang yang merupakan sambal khas korea yang disajikan menjadi pelengkap makanan utama. Yang membedakan yaitu gochujang menjadi bumbu untuk bahan dasar yang lainnya tidak seperti sambal.