Kamu Pecinta Burung? Inilah 7 Jenis Burung Yang Memiliki Suara Indah

Indonesia adalah negeri yang sangat kaya akan faunanya, bahkan banyak hewan-hewan yang diburu di Indonesia untuk ditangkap dan dijual bagian-bagian badannya seperti bulu, tanduk, kulit, dan masih banyak lagi. Indonesia juga terkenal dengan burung hias yang mempunyai suara merdu yang sangat senang dipelihara oleh manusia.

Menurut Mas Budi dari tips budidaya, burung-burung ini dipelihara bahkan sampai dibuat komunitas pecinta burung hias dan komunitas burung kicau. Saking diminatinya oleh para penggemar burung yang memiliki suara merdu dibuat kompetisi internasional untuk menentukan suara burung yang terbaik di dunia. Berikut adalah burung hias yang memiliki suara merdu, 

1. Burung Cucak Rowo

Siapa yang tidak mengenal burung bersuara merdu satu ini? Bahkan namanya dijadikan judul lagu daerah yang ada di Indonesia. Ya, Cucak Rowo, adalah jenis burung kicau yang memiliki harga cukup mahal dan itu sebanding dengan suaranya yang merdu. Bahkan para pecinta burung ingin memiliki burung ini. Suara cucak rowo sering diketahui di beberapa daerah dengan istilah semi rooel, rooek, nglagu engkel, isian dan rusak. Kalian dapat menemukan burung cucak rowo di pulau Sumatera, jawa barat, Kalimantan, sampai ke semenanjung Malaysia. Jenis cucak rowo juga bisa diklasifikasi berdasarkan tempat asalnya yaitu, burung cucak rowo barat, burung cucak rowo medan, burung cucak rowo kalimantan, burung cucak rowo malaysia, burung cucak rowo Bengkulu, dan yang terakhir burung cucak rowo lampung. 

2. Burung Murai Batu

Burung hias yang memiliki suara merdu selanjutnya yaitu Burung murai batu. Murai batu juga dikategorikan sebagai burung kicau dengan harga yang cukup mahal, burung ini terkenal dengan kecerdasannya. Yang cukup unik dilakukan oleh burung ini adalah menirukan suara burung lain dan itu dia lakukan secara rutin bukan sekali dua kali. Sangat tak dipungkiri lagi burung ini memiliki banyak fans. Burung murai batu yang paling populer dari semua jenisnya yaitu murai batu medan yang diakui oleh dunia dengan kicauannya. 

3. Love Bird

Love Bird, yaitu burung cinta, adalah burung yang sangat setia dengan pasangannya, bahkan ketika pasangannya mati ia tidak mencari pasangan lain dan tetap setia dengan pasangannya yang mati. Burung ini memiliki warna corak yang mencolok, biasanya di badan burung ini terdapat perpaduan corak yang sangat memanjakan mata seperti hijau, kuning, dan orange. Burung ini dipelihara sudah sejak beberapa tahun yang lampau.

Love bird adalah salah satu burung yang masuk dalam koleksi para pecinta burung karena warnanya yang mencolok, kemudian memiliki suara yang merdu dan harganya yang cukup mahal. Love bird secara fisik sekilas mirip dengan burung jenis parkit. Suara burung Love bird mempunyai istilah atau sebutan bagi para pecinta burung Love bird yaitu "ngekek". Karena suara burung ini sangat terkenal merdu dan indah, burung ini adalah salah satu burung yang sering di ikut sertakan dalam kompetisi perlombaan karena suaranya.

4. Cendet

Cendet atau juga disebut pentet adalah salah satu burung hias yang memiliki suara merdu selanjutnya. Burung ini mempunyai suara kicauan yang sangat keras. Sehingga banyak dicari oleh bird lovers. Bukan hanya suaranya saja burung ini banyak dicari tetapi warnanya yang sangat indah dan campuran warna burung ini yang sangat cantik. Dan ditambah paruh dan kepalanya yang berwarna hitam pekat membuat burung ini menjadi sangat indah dan keren. Pada bagian lehernya terdapat corak putih dan pada bagian badannya mempunyai corak coklat muda. Hingga saat ini banyak sekali penggemar burung ini yang membuat kompetisi tentang burung ini.

5. Cucak Ijo (Cucak Hijau)

Burung hias memiliki suara merdu selanjutnya yaitu cucak ijo. Burung ini memiliki corak hijau pada bagian badannya yang mendominasi. Terdapat juga perpaduan corak antara hitam di bagian kepala dan paruhnya. Burung ini sering ditemui di berbagai wilayah di Indonesia seperti, Banyuwangi, Sumatra, Bali dan Kalimantan. Jenis cucak ijo yang disebut-sebut sebagai primadona adalah cucak ijo yang berasal dari Banyuwangi. Burung ini senang hidup berkelompok di habitatnya.

6. Pleci

Selanjutnya adalah pleci. Pleci adalah burung hias yang memiliki suara merdu selanjutnya. Meskipun awalnya burung ini tidak banyak dikenal oleh para pecinta burung tetapi ketika burung ini memenangkan sebuah kompetisi burung kicau, para pecinta burung mulai memburu burung ini untuk dipelihara. Diibaratkan sebuah artis, burung ini merupakan artis dadakan. Burung ini memiliki tubuh yang sangat kecil tetapi didalam tubuhnya yang mungil tersebut, burung ini memiliki suara yang sangat khas, bahkan mampu memenangkan sebuah kompetisi.

7. Pancawarna

Ketika memandangi penampilan fisik burung jenis ini pasti seseorang yang bukan merupakan pecinta burung pun akan jatuh cinta kepada jenis burung yang satu ini. Penampilan yang sangat indah menghiasi tubuh burung ini, membuat burung ini mendapatkan julukan yaitu si menawan bersuara merdu. Burung Robin ini mempunyai 5 perpaduan corak yang sangat indah yaitu, coklat, biru, kuning, orange dan hitam.