Kenali Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Perkembangan yang terjadi di dunia teknologi terasa begitu pesat dan cepat. Salah satu perkembangan yang bisa kita rasakan adalah perkembangan dari website, perkembangan yang terjadi adalah mereka menambahkan beberapa fitur, jenis dan fungsi dari website.

Website kerap kali muncul di halaman Google, mulai dari website yang berguna untuk bisnis online, hiburan, khusus tentang berita, e-commerce dan masih banyak lagi.

Ada banyak jenis website yang tersebar di internet, jenis-jenisnya pun memiliki klasifikasi yang berbeda pula. Ada yang berdasar pada pemilik, fungsi, sifat dan lain sebagainya. Untuk Anda yang ingin membuat website dan  pasti beberapa dari kalian yang hendak membuat website bingung ingin membuat website dengan jenis apa? Nah untuk itulah artikel ini kami buat, melalui artikel ini akan kami sampaikan beberapa informasi mengenai pengertian website beserta dengan jenis berdasarkan fungsinya.

 

Definisi Website

Situs web atau yang biasa disebut dengan website adalah gabungan dari banyak halaman yang saling berhubungan yang berisi dengan berbagai macam informasi dan konten multimedia. Website memiliki keunikan dengan nama domain yang mereka miliki pada sebuah web server. Website diakses lewat jaringan IP public dari seluruh dunia dengan menggunakan jaringan internet local (LAN) dan URL sebagai alamatnya.

 

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsi

Jenis website berdasarkan fungsinya secara detail dapat dibagi menjadi enam jenis, berikut ini adalah 6 jenis website berdasarkan fungsinya.

1. Blog

Jenis website ini pasti tidak asing untuk kalian. Jenis website blog banyak digunakan oleh blogger yang memanfaatkan media blog free untuk menuliskan ekspresi dan ide mereka dengan berbagai konten. Bahkan ada beberapa blogger yang mendapat bayaran dari hasil bloggingnya.

Platform free blogging yang biasa digunakan untuk memulai blogging misalnya WordPress, Wix, blogger.com dan lain sebagainya.

2. Berita dan Informasi

Website dengan jenis ini biasanya memuat artikel atau postingan yang berkaitan dengan informasi berita terkini yang sedang menjadi pembicaraan banyak orang. Yang menggunakan website dengan jenis ini biasanya adalah situs-situs berita, koran, majalah dan lain sebagainya yang menyediakan layanan online untuk berita mereka. Misalnya : liputan6. Kompas, detik dan lain sebagainya.

3. eCommerce

website dengan jenis ini menyajikan fitur untuk melakukan kegiatan jual beli barang/jasa secara online atau lewat internet. Biasanya fitur yang digunakan adalah fitur yang bisa menggantikan fungsi pada toko offline. Contoh e-commerce : bukalapak, tokopedia, amazon dan lain sebagainya.

Pada jenis website ini, Anda juga perlu menyajikan tampilan website yang menarik. Oleh karena itu, Anda akan membutuhkan tema WooCommerce yang berkualitas dan sesuai dengan niche bisnis Anda.

4. Company Profil

Company profile merupakan website yang memiliki sifat statis, website dengan jenis ini biasanya dibuat oleh suatu company/perusahaan/organisasi yang digunakan untuk menampilkan informasi terkait dengan profil perusahaan tersebut, seperti nama perusahaan, kontak perusahaan, produk/jasa yang dimiliki oleh perusahaan dan visi misi perusahaan.

Dengan begitu, website dengan jenis ini lebih mengutamakan tampilan desain dan warna agar bisa semenarik dan seunik mungkin dan tentu saja tetap mengutamakan tersampaikannya informasi yang disampaikan.

5. Government 

Jenis website ini adalah jenis website resmi yang biasa dibuat oleh pemerintah nasional, departemen pemerintah dan pemerintah lokal. Isi dari website ini tidak lain tidak bukan adalah informasi peraturan mengenai pemerintah serta informasi berita yang relevan dengan itu. Contoh : kemenkes.co.id, kemenkeu.co.id dan lain sebagainya.

6. Archive

Website dengan jenis ini biasanya digunakan untuk menyimpan konten-konten yang berhubungan dengan barang-barang elektronik yang memiliki resiko hilang. Dengan begitu, akan sangat menguntungkan jika portal situs web disadap, makan web bisa mengembalikannya seperti semula.

 

Nah itu dia beberapa pemahaman serta informasi seputar jenis-jenis website berdasarkan fungsinya. Bagaimana? Anda sudah paham bukan dan sudah tahu ingin membuat web dengan jenis seperti apa? Buatlah website yang sesuai dengan kebutuhanmu.