Ketahui Daftar Chipset Terbaik yang Setara Unisoc Tiger T618

Pada awalnya, banyak masyarakat Indonesia yang memang menganggap bahwa chipset dari Unisoc ini tidak berkualitas karena seringkali dihubungkan dengan smartphone kelas bawah.

Seperti kita ketahui bahwa smartphone kelas bawah ini mempunyai kinerja ala kadarnya. Akan tetapi kemunculan Advan GX yang menggunakan chipset Unisoc Tiger T618 tentu saja merupakan kejutan bahwa chipset ini memang bisa memproduksi produk yang berkualitas.

Perlu kamu ketahui bahwa spesifikasi yang ditawarkan oleh Advan GX ini bisa dibilang sangat gahar. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan smartphone ini memainkan game berat seperti PUBG, CODM, dan bahkan genshin impact.

Apakah kamu penasaran dengan chipset yang ditawarkan oleh perusahaan lain yang memang mempunyai kemampuan yang setara dengan Unisoc Tiger T618? Oke berikut merupakan beberapa produk yang ditawarkan oleh merek lain yang setara dengan Unisoc Tiger T618.

1. Helio G85

MediaTek Helio G85 adalah chipset yang bisa dibilang merupakan chipset kelas menengah yang memang dikhususkan untuk berbagai smartphone yang mempunyai harga tinggi. Chipset ini biasanya sering hadir untuk beberapa merek ponsel terkenal seperti Redmi, Realme, dan juga infinix.

Chipset ini memang pada dasarnya mencakup konfigurasi octa core yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan chipset Unisoc T618. Hal ini karena kedua chipset ini sama sama menggunakan dua unit Cortex A75 yang mempunyai 6 unit Cortex A55 sebagai inti yang terkenal karena hemat daya. Namun, perlu kamu ketahui bahwa clock speed setiap inti ini mempunyai perbedaan dengan Unisoc. Helio G85 Cortex A75 mempunyai kecepatan frekuensi sebesar 2 GHz alih alih 1,82 GHz, sedangkan pada Cortex A55 mempunyai frekuensi 1,8 GHz.

Frekuensi tersebut bisa dibilang lebih kecil daripada yang dimiliki oleh Unisoc T618 yang mempunyai frekuensi 1,82 GHz. Kedua chipset ini sama sama menawarkan proses fabrikasi sebesar 12 nanometer. Meskipun demikian, terdapat perbedaan dari sisi TDP. Thermal Design Power yang terdapat pada chipset Helio G85 ini lebih kecil yaitu 5 W sedangkan pada Unisoc T618 mempunyai TDP 10 W.

2. Helio G88

Walaupun chipset Helio G85 ini dikenal mempunyai kinerja yang tinggi, hal ini tidak mencegah MediaTek untuk kembali meluncurkan varian dari SoC yang lebih baru dengan berbagai macam upgrade yang terkini, yaitu Helio G88.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa antara Helio G85 dengan Helio G88 ini sama sama mempunyai konfigurasi 8 core yang sama seperti 2 unit Cortex A75 dan A55 sebanyak 6 unit.

Perbedaan utamanya adalah terletak pada dukungan resolusi kamera uatama yang pada saat ini ditambah menjadi 64 MP. Selain itu chipset ini juga sudah mendukung resolusi FHD + lengkap dengan laju penyegaran yang setara dengan 90 Hz secara bersamaan.

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang informasi teknologi terutama yang berhubungan dengan smartphone, kamu bisa mengunjungi situs Cari Tekno. Ya, pada saat ini situs caritekno adalah salah satu situs teknologi terlengkap saat ini.

3. Snapdragon 675

Bukan hanya dari segi MediaTek saja yang mempunyai kemampuan setara dengan chipset Unisoc Tiger T618, rupanya chipset yang dikenal dengan naga merah ini juga mempunyai kemampuan yang setara.

Ya, produk yang dimaksud adalah Snapdragon 675. Jika dilihat dari sudut pandang spesifikasi CPU, kedua chipset ini bisa dibilang sangat mirip.

Pada Snapdragon 675 ini menghadirkan klaster prosesor 2 + 6, hal tersebut tentu saja sama seperti yang ada pada chipset Unisoc Tiger T618. Sedangkan untuk konfigurasi 8 intinya tersusun berdasarkan pada 2 unit Kryo 460 Gold dengan basis Cortex A76 sedangkan terdapat 6 unit hemat daya berupa Kryo 460 Silver dengan basis Cortex A55.

Jika disimpulkan, antara chipset Unisoc T618 dengan Snapdragon 675 ini sama sama mempunyai kecepatan clock speed yang dapat mencapai 2 GHz.