Keuntungan Usaha Santan Kelapa Beserta Cara Membuatnya

Pada artikel kali ini saya akan membagikan info tentang keuntungan usaha santan kelapa beserta cara membuat santan untuk usaha.

Peluang Bisnis Santan Kelapa

1. Modal

Pertama kalian harus melihat apakah modal yang kalian miliki cukup untuk membeli semua perlengkapan pada analisa bisnis santan di bawah ini. Hal ini berkaitan dengan proses produksi dalam jumlah banyak, selain itu anda juga memerlukan mesin untuk mengolah santan menjadi bubuk.

2. Jenis Santan

Anda mungkin mengira santan hanya ada dalam wujud cair, sebenarnya santan itu banyak jenisnya, sebaiknya pilih jenis santan yang berbentuk bubuk karena lebih mudah dijual ke berbagai daerah.

Jika biasanya santan akan basi jika tidak didinginkan, maka dalam wujud bubuk akan berbeda lagi. Bila Anda hanya menjualnya di sekitar, Anda bisa menyediakannya dalam bentuk cair, lalu ada juga yang beku atau dalam bentuk dingin.

3. Pasokan Kelapa

Anda harus melihat dulu apakah di sekitar tempat Anda banyak terdapat kelapa, jika sudah bisa dilanjutkan karena tidak perlu membeli kelapa dari jauh. Kemudian, jika kelapa jarang ada, Anda bisa mempertimbangkan berapa modal yang wajib dikeluarkan untuk biaya pengiriman buah kelapa yang akan Anda beli nantinya.

4. Target Pasar

Anda harus tahu daerah mana yang akan menjadi target pasar Anda, jangan sampai lupa juga untuk mencari distributor serta bekerja sama dengan berbagai orang untuk menjual produk yang Anda miliki.

5. Keuntungan

Keuntungan dalam melakukan bisnis santan kelapa ini tidaklah instan, namun secara bertahap. Keuntungan tersebut dapat diinvestasikan dan digunakan untuk memperbesar usaha itu sendiri.

 

Cara Membuat Santan untuk Peluang Usaha

1. Santan Kental

Bahan:

  • ½ buah kelapa parut
  • 750 ml air panas

Cara membuat:

  1. Masukkan kelapa parut dan 250ml air panas ke dalam satu wadah. Diamkan beberapa saat hingga suhu turun.
  2. Uleni campuran sampai jus keluar dari kelapa.
  3. Selanjutnya, peras kelapa parut di atas saringan. Lalu pisahkan ampas di wadah lain. Peras terus sampai semua kelapa parut keluar.
  4. Siapkan mangkuk untuk menampung santan dan saringan di atasnya.
  5. Tuang kembali 250ml air panas ke dalam mangkuk berisi ampas kelapa yang telah diperas tadi. Diamkan sejenak lalu peras kembali seperti semula.

2. Santan Cair

Bahan:

  • ½ buah kelapa parut
  • 750 ml air panas

Cara membuat:

  1. Ampas kelapa yang sudah diperas dua kali tuangkan air panas. Diamkan sebentar dan peras lagi di atas saringan.
  2. Ditampung dengan wadah santan kental yang berbeda.
  3. Karena sudah diperas tiga kali (2 kali untuk santan kental dan 1 kali untuk santan encer), Anda hanya perlu melakukannya sekali saja untuk mendapatkan santan encer.

3. Santan Bubuk

Bahan:

  • 200 gr santan
  • 750 ml air panas

Cara membuat:

  1. Peras 200gr kelapa parut dengan campuran air.
  2. Campur bahan pengisi untuk meningkatkan massa dan mengikat partikel yang ada.
  3. Masukkan campuran tersebut ke dalam Mesin atau alat Pasteurisasi untuk membunuh kuman yang ada pada suhu 65o
  4. Keringkan menjadi bubuk dengan pengering semprot.
  5. Santan bubuk dianggap lebih praktis. Untuk menggunakannya, santan bubuk perlu ditambahkan air hangat untuk mendapatkan tingkat kekentalan yang diinginkan. Sebagai perbandingan, Anda bisa mencoba 50 g santan bubuk yang diseduh dengan 150 ml air hangat. Biasanya santan bubuk ini dibungkus dalam kemasan aluminium.

Gunakanlah mesin pemeras santan dan mesin cungkil kelapa untuk mempermudah pembuatan santan dan hasilnya pun akan lebih bagus dan gurih. 

 

Itulah pembahasan kali ini tentang keuntungan usaha santan kelapa beserta cara membuat santan untuk usaha.