Developer Perumahan

Pengertian Developer Perumahan Beserta Hak dan Kewajibannya

Jika Anda ingin membeli rumah secara kredit, Anda bisa mengambil produk KPR. Produk KPR biasanya ditawarkan oleh bank ataupun developer perumahan.

Namun apakah Anda mengetahui apa itu developer perumahan beserta hak dan kewajibannya?

 

Apa Itu Developer Perumahan Beserta Hak dan Kewajibannya

Jika berbicara developer perumahan, sebagai salah satu objek yang juga berada dalam naungan hukum pastinya memiliki hak dan kewajiban. Dimana kegiatan perusahaan pengembang properti itu mencakup segala bentuk kegiatan jual beli rumah yang  bisa  juga langsung Anda lakukan bersama developer.

Berikut adalah penjelasannya secara detail.

Developer Perumahan

Hak-Hak Developer Perumahan

Sebagai perusahaan pengembang properti, developer memiliki hak-hak dalam bidangnya. Hak-hak tersebut telah diatur pada Undang-Undang Perlindungan konsumen pasal 6, yaitu :

  • Hak dalam menerima pembayaran atas transaksi jual beli properti, sesuai dengan perjanjian dan kesepakatan kedua belah pihak. Dimana diperjelas dalam surat perjanjian yang berisikan kondisi dan nilai tukar atas properti yang diperjualbelikan.
  • Hak mendapatkan perlindungan hukum apabila terjadi suatu tindakan yang tidak diinginkan dari konsumen/klien.
  • Hak membela diri apabila terjadi suatu persengketaan di ranah hukum dengan konsumen.
  • Hak memperbaiki nama baik jika memang benar-benar terbukti bahwa kerugian yang dialami konsumen bukan berasal dari tindakan serta properti yang dikeluarkan oleh developer.
  • Serta hak-hak developer lainnya. 

 

Kewajiban Developer Perumahan

Dalam apa itu developer perumahan beserta hak dan kewajibannya, dimana untuk kewajibannya pun harus dilaksanakan secara benar. Berikut adalah kewajiban developer sesuai UU Perlindungan Konsumen pasal 7.

  • Selalu memiliki itikad baik dalam menjalankan usahanya.
  • Mampu memberikan info-info aktual, jelas, benar, serta transparan dan juga menjelaskan mengenai kondisi dan pemeliharaan properti.
  • Memberikan pelayanan prima kepada klien tanpa adanya tindak diskriminasi.
  • Selalu memberikan mutu produk yang baik.
  • Memberikan kompensasi apabila terjadi properti yang dijualbelikan tidak sesuai dengan kesepakatan.

 

Penutup

Itulah pembahasan mengenai apa itu developer perumahan beserta hak dan kewajibannya. Developer perumahan yang baik akan memberikan pengarahan kepada para kliennya, agar kedepannya tidak terjadi suatu permasalahan yang memberatkan kedua pihak.

 

Sumber : rumahsubsidicikarang.com