Pengertian Prinsip Ekonomi Beserta dengan Jenis dan Contohnya

Untuk mengatur pengeluaran maupun pemasukan, Disini kita harus bisa mengatur dengan sedemikian rupa agar dapat mencapai batas maksimal dari yang kita butuhkan.

Sebab banyaknya akan kebutuhan diinginkan sehingga kita dituntun agar bisa membuat pengaturan yang bisa membuat setiap kebutuhan diinginkan bisa tercapai. Oleh sebab itu di harap kita mempunyai prinsip yang ekonomis.

Prinsip ekonomi mempunyai banyak kegunaannya pada kegiatan kita sehari-hari. Untuk lebih jelasnya lagi tentang apa itu prinsip ekonomi mari simak saja ulasan berikut ini.

 

Pengertian Prinsip Ekonomi

Prinsip Ekonomi yaitu usaha yang dilakukan agar bisa memperoleh hasil tertentu dengan adanya pengorbanan sekecil mungkin. Pada dasarnya prinsip ekonomi yakni salah satu usaha serta tindakan guna memperoleh suatu kepuasan akan kebutuhan tertentu yang membutuhkan pengorbanan seminimal mungkin. Prinsip ini bisa mengarah terhadap suatu tindakan supaya bisa mencapai keefektifan serta keefisiensian tinggi.

Ciri-Ciri Prinsip Ekonomi

Dibawah ini merupakan beberapa ciri dari prinsip ekonomi diantaranya yaitu:

  • Selalu hemat
  • Bisa menentukan kebutuhan apa saja yang sekiranya penting yang bisa di dahulukan maupun kebutuhan mendesak sehingga dari sini bisa diurutkan ke dalam kebutuhan yang sekiranya tidak terlalu penting.
  • Bertindak secara rasional serta ekonomis, maksudnya yaitu bisa menentukan kebutuhan melalui suatu perencanaan yang sebelumnya sudah dipikirkan dengan matang.
  • Bertindak sesuai dengan prinsip yaitu pengeluaran biaya harus diikuti dengan hasil yang diperoleh.

Jenis Prinsip Ekonomi

Berikut merupakan Jenis-jenis dari prinsip ekonomi diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Prinsip Produsen
  2. Prinsip Penjual Atau Pedagang
  3. Prinsip Pembeli

Contoh Prinsip Ekonomi

Untuj contoh dari prinsip ekonomi ini bisa dilihat pada saat kita mau membeli suatu barang, maka kita disini akan melakukan antara perbandingan harga antara toko yang satu dengan toko yang lainnya. Apabila sudah melakukan hal itu kita bisa melihat serta membandingkan harga barang itu dengan mendapat potongan atau tidak, sehingga kita bisa belajar dengan hidup hemat.

Hal yang Timbul dari Prinsip Ekonomi

Yang biasanya muncul dalam prinsip ekonomi yaitu:

  1. Bertindak ekonomis
  2. Berpikir ekonomis

 

Itulah pengertian mengenai prinsip ekonomi dari saya, sekian.

Sumber : https://www.studinews.co.id/