Penyebab Instagram Dibanned

Jika Instagram anda di banned, artinya anda melanggar beberapa aturan yang telah ditetapkan oleh Instagram. Instagram sama seperti layanan internet lainnya, mereka mempunyai aturan main yang jelas dan harus ditepati untuk kepentingan semua pengguna yang lainnya.

 

Instagram menggunakan bot untuk mencari tahu pengguna mana yang sekiranya melanggar aturan yang sudah ditetapkan. Bot ini menggunakan artificial intelligence atau kecerdasan buatan yang dirancang khusus untuk mengenali konten mana yang melanggar dan mana yang tidak.

Banned juga bisa disebabkan oleh banyaknya pengguna yang melakukan pelaporan akun. Jika banyak akun lainnya yang melaporkan akun atau konten, artinya banyak orang yang terganggu karena konten atau akun tersebut sehingga dibanned untuk mengatasi kegaduhan yang ada.

 

Namun seringkali bot ini tidak berjalan semestinya, ia membanned pengguna yang seharusnya tidak di banned. Jika sudah demikian justru pengguna Instaramlah yang dirugikan. Padahal anda tidak merasa membagikan konten yang melanggar aturan Instagram dan UU ITE.

 

Oleh sebab itu, anda harus mengetahui beberapa penyebab di banned Instagram berikut ini:

 

1. Baca kembali aturan Instagram

 

Instagram telah memberikan rambu-rambu yang harus dipatuhi setiap penggunaannya. Anda bisa membacanya di bagian Term. Instagram adalah jejaring sosial media yang memiliki aturan dan kebijakan yang paling panjang dibandingkan sosial media lainnya seperti Snapchat, Line, YouTube, Telegram dan WhatsApp.

 

Intinya aturan dibuat agar saling menguntungkan dan tidak merugikan orang lain.

 

2. Hati-hati dengan konten yang anda buat

 

Konten adalah alasan paling umum mengapa seseorang di banned. Bisa dibilang lebih dari 90% alasan mengapa seseorang di banned adalah karena masalah konten.

 

Konten yang bermasalah disebabkan oleh konten yang memiliki muatan pornografi, melanggar privasi orang lain, terorisme, menyinggung sara, berita palsu dan lain sebagainya.

 

Ada kasus dimana seseorang wanita di banned karena dianggap memposting payudara, padahal kenyataannya ia hanya memposting kue. Bot Instagram salah menangkap keseluruhan foto. Kasus ini menjadi viral dan akhirnya akun diaktifkan kembali.

 

Jika anda tidak memposting hal hal yang dilarang Instagram, maka anda tidak akan dibanned.