Apa itu blog

Perbedaan Blog dan Website

Belakangan ini banyak warganet yang menggunakan blog sebagai media online. Diklaim sebagai platform yang multifungsi sehingga penggunaannya semakin populer. Apakah Anda ingin menggunakan blog juga? Sebelumnya, yuk ketahui terlebih dahulu apa itu blog di artikel ini.

 

Apa itu Blog?

Apa itu blog? Blog atau weblog merupakan sebuah website online yang berisikan informasi berbentuk tulisan, video ataupun foto yang dimuat sebagai postingan dalam sebuah laman web. Konten pada blog ini diperbaharui secara berkala.

 

Perbedaan Blog dan Website

Apakah blog dan website memiliki perbedaan? Blog adalah jenis website yang berisikan konten artikel berupa opini, pengalaman dan informasi pengetahuan. Sementara website ialah kumpulan halaman online yang dapat diakses melalui alamat domain tertentu yang berisikan informasi tentang suatu produk atau layanan.

 

Struktur Blog

Pada umumnya, blog memiliki tatanan struktur yang cukup beragam. Diantara struktur blog meliputi header yang mencakup judul, deskripsi dan menu blog. Selain itu ada juga Navbar, main blog, sidebar serta footbar.

 

Perkembangan Blog

Bagaimana sejarah perkembangan blog? Awal mula blog muncul di Indonesia tepatnya pada tahun 2001 oleh Enda Nasution. Kemudian di tahun 2003 blog mulai diakuisisi oleh Google. Kemudian dari tahun 2018 hingga saat ini, blog menjadi platform yang cukup populer.

Apa itu blog

Fungsi Blog

Menjadi platform yang semakin populer, kira-kira apa saja fungsi blog? Banyak fungsi yang dapat dimanfaatkan oleh warganet. Diantaranya yaitu sebagai sarana publikasi, portofolio online, sarana branding, mempromosikan produk atau jasa dan masih banyak yang lainnya.

 

Jenis-jenis Blog

Tahukah Anda bahwa blog memiliki banyak jenis yang bisa Anda kelola? Diantaranya yaitu blog pribadi yang sifatnya personal, blog profesional yang kontennya hanya satu topik tertentu, blog bisnis yang bertujuan untuk mempromosikan perusahaan dan blog.

 

Penutup

Nah, itulah dia artikel singkat seputar apa itu blog yang wajib Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membuat blog.

Setelah mengetahui definisi, fungsi serta struktur blog, kini Anda bisa membuat blog dengan mudah. Semoga bermanfaat ya!

Sumber : Majapahit Teknologi