cat tembok mengkilat

Plus Minus Cat Tembok Mengkilap, Kenali Sebelum Menggunakan!

Tampilan interior rumah dengan cat tembok mengkilap, mampu memberikan nuansa berbeda. Kemampuannya dalam menampilkan kilap maksimal, pastinya bakal membuat orang nyaman berada di ruangan tersebut.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan cat jenis glossy ini, jangan buru-buru. Pastikan dulu untuk mengetahui apa saja plus minus jika cat diaplikasikan pada tembok rumah Anda, apakah cocok atau tidak.

 

Nilai Plus Cat Tembok Mengkilap

cat tembok mengkilat

Hampir semua merk cat tembok saat ini memiliki varian karakter mengkilap, dengan warna yang beragam. Nilai plusnya juga sangat banyak, makanya banyak pemilik rumah yang kebelet untuk menggunakan cat glossy.

Hasil Licin Sempurna

Ketika cat jenis ini diterapkan pada bagian tembok, hasilnya akan terlihat sangat licin dan juga mulus. Bahannya anti pengapuran tidak seperti pada cat biasa, sehingga walaupun Anda bersandar pada tembok dengan cat mengkilap dalam waktu lama tidak akan menempel pada baju. Kemulusannya juga patut diacungi jempol, bahan solid dari cat ini mampu memberikan kesan tebal dan mulus maksimal. 

Easy Cleaning

Kilapnya yang kebanyakan mengandung minyak tidak akan membuat tembok cepat kotor, sehingga Anda bisa membersihkan noda dengan mudah. Beda dengan cat biasa yang rentan menjadi tempat menempel debu hingga berbagai jenis moda. Cukup menggunakan kain lap kering saja, penampilan tembok warna mengkilap akan kembali indah tanpa kotor sedikitpun.

Harga Murah

Kalau ada yang beranggapan cat mengkilap itu mahal, maka anggapan itu sangat salah. Dibandingkan dengan cat jenis lain, yang mengkilap justru lebih murah. Meskipun begitu kualitasnya tetap mumpuni melapisi tembok hunian Anda. Jadi, jangan mundur dulu ketika melihat rumah tetangga menggunakan cat ini dan terlihat mewah karena takut harganya mahal. Anda juga bisa beli kok! Tinggal memilih yang sesuai dengan budget.

Beragam Tingkat Kilap

Anda bisa memilih tingkat kilap yang diinginkan, mulai dari kilap biasa dengan istilah glossy hingga kilap maksimal yang biasanya dinamai super glossy. Tinggal mendiskusikannya dengan arsitek Anda, manakah tingkat kilap yang tepat untuk ruangan yang ingin diberi cat.

Pilihan Bahan Dasar

Dulu, hanya cat minyak saja yang memiliki jenis mengkilap, tapi sekarang cat berbahan dasar air juga menyediakan jenis kilap yang tidak kalah menarik. 

Walaupun, hasilnya tetap lebih bagus cat berbahan minyak yang secara alami mendapatkan kilaunya dari bahan minyak yang ada di dalam cat tersebut.

 

Nilai Minus Cat Tembok Mengkilap

Dari sederet nilai plus yang akan Anda rasakan ketika pakai cat tembok mengkilap, tetap ada nilai minus yang juga harus dipertimbangkan sebelum menggunakan jenis cat tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut.

Tidak Cocok untuk Semua Jenis Ruang

Ternyata tidak semua ruangan bisa mendapat sentuhan cat ini, semua tergantung konsep dari ruangan tersebut. Ketika pemilik ingin mengedepankan kesan nyaman dan tenang, tentunya akan sangat tidak tepat menggunakan cat ini.

Sama halnya ketika Anda ingin memiliki ruangan dengan kesan intimate dan memiliki tingkat kelembaban rendah, akan lebih baik menggunakan cat jenis lain seperti doff, satin, atau cat biasa.

Pengerjaan Tembok Harus Sempurna

Jangan sekali-kali mengaplikasikan cat pada tembok yang pengerjaannya tidak maksimal, hanya akan memperburuk penampilan. Cat ini akan memberi detail pada bagian bergelombang, sehingga tembok yang tidak mulus menjadi sangat terlihat jelas.

Jadi, butuh pengerjaan bagian tembok yang benar-benar memiliki permukaan licin dan mulus jika ingin pakai cat mengkilap.

 

Memang butuh pertimbangan matang, ketika Anda ingin memilih cat tembok mengkilap untuk hunian. Perhatikan plus minusnya, barulah bisa menentukan apakah cat tersebut bisa dipakai atau tidak.