solid surface

Sebelum Menggunakan, Kenali Kelebihan dan Kekurangan Material Solid Surface

Solid surface merupakan salah satu material yang dibuat berdasarkan tiruan dari granit atau marmer, sehingga model dan bentuknya hampir mirip. Umumnya bahan bangunan ini digunakan untuk membuat meja dapur, meja bar dan beberapa bagian lainnya. Dalam proses pembuatannya, diperlukan beberapa bahan penting seperti akrilik, pigmen warna sampai dengan polyester. Bagi Anda yang ingin mendapatkan tampilan dapur serupa dengan penggunaan marmer atau batu granit, ini bisa menjadi solusi yang tentunya lebih cepat dan mudah didapatkan.

Kebanyakan orang memang mengaplikasikan solid surface pada bagian meja dapur atau bar, namun bisa pula untuk beberapa bagian rumah lainnya. Memiliki permukaan pori yang kecil sehingga meja dapur bagus jika dilapisi dengan solid surface. Ketika digunakan tekstur permukaan jenis solid surface cukup licin, tidak heran jika beberapa orang yang ingin menggunakan pada lantai kurang cocok. Nah, sebelumnya Anda perlu ketahui terlebih dahulu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan untuk jenis material bangunan yang satu ini apalagi jika dibandingkan dengan batu granit atau marmer.

solid surface

Namun perlu Anda ketahui terlebih dahulu, jika dilihat dari segi harga solid surface terlihat lebih mahal dari pada jenis marmer atau granit pada umumnya. Untuk melengkapi informasi tersebut, berikut ini ada beberapa kelebihannya yaitu:

 

1.    Memiliki ketahanan terhadap berbagai benturan yang jauh lebih baik, apalagi jika dibandingkan dengan jenis keramik, marmer atau granit yang mudah rusak.

2.    Memiliki bobot yang cukup ringan, tidak heran memang apalagi jika melihat komponen material yang digunakan.

3.    Memiliki pilihan motif, warna, sampai dengan bentuk yang jauh lebih beragam apalagi dibandingkan dengan batu alam asli. 

4.    Memiliki material yang cukup elastis sehingga akan jauh lebih mudah ketika ingin dibengkokan atau dibanding saat ingin menciptakan kesan tertentu.

5.    Lebih fleksibel dan bisa dipoles kembali ketika warna yang lambat laun memudar, ini tidak semua jenis bahan material bisa dilakukan.

 

Selain banyaknya sisi baik dari penggunaan solid surface seperti diatas, Anda perlu untuk memperhatikan beberapa hal penting yang dapat menjadi kekurangannya pula. Seperti material tersebut lebih rentan terhadap goresan, tekstur yang lebih licin sehingga tidak mudah untuk diaplikasikan dalam sembarang tempat, sampai dengan harga yang terbilang lebih mahal. Namun mengenai harga memang masing-masing merek menawarkan berbeda, jika tertarik menggunakan bisa memilih jenis dengan harga yang cukup ringan.

Setelah menggunakan bahan material solid surface, ada baiknya Anda untuk tetap melakukan perawatan dengan baik. Setiap bahan memiliki proses perawatan yang berbeda, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Jadi harus mempelajari dari berbagai hal sebelum menggunakan, bagaimana masih merasa kebingungan? Solid surface sendiri sudah hadir di banyak tempat atau pasaran dengan harga yang memang terbilang tinggi. Namun ada baiknya untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum membelinya.