Shilaturrahmi dan Keutamaannya

Assalaamu ‘alaikum wa rohmatullahi wa barokaatuh. Bismillah wal hamdulillah Ash-sholaatu was salaamu ‘alaa rosulillah. Wa ba’du. Pembaca yang yang kami banggakan. Pada halaman ini kami sampaikan materi tentang Silaturahmi. Perihal ini juga tidak kalah pentingnya untuk kita sama-sama fahami.

Keutamaan dan Manfaat Shilaturrahmi

Shilaturrahmi itu diambil dari kata bahasa arab. Kalau dalam bahasa kita indonesianya artinya adalah; “Menyambung kasih sayang” dan dalam sebutan secara umum kita sering mendengarnya adalah; “Menyambung tali persaudaraan”.

Pada halaman ini kami ingin sampaikan secara singkat mengenai pentingnya silaturrahmi dan yang lainnya yang berhubungan dengan shilaturrahmi.

Makna Silaturrahmi

Adapun makna dari shilaturrahmi itu adalah menyambungkan tali kasih sayang dan persaudaraan. Perihal ini penting sekali kita jaga atau pelihara sebab dengan shilaturrahmi ini setidaknya kekeluargaan akan tetap terjalin dengan baik dan harmonis.

Kita bayangkan jika shilaturrahmi ini sudah terputus, maka tidak menutup kemungkinan kekeluargaan pun akan menjadi renggang dah yang lebih parah, bisa putus. Dan demikian ini adalah hal yang tidak disukai oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Menyambung Shilaturrahmi

Pengertian menyambung shilaturrahmi ini mempunyai makna kekeluargaan yang sudah mengalami retak atau putus, barangkali karena akibat adanya suatu hal yang bersebrangan dalam pemikiran ke dua belah pihak. Maka apabila terjadi adanya keretakan bersegeralah untuk menyambung kembali. Hal yang perlu diingat ialah; “Shilaturrahmi itu adalah tandanya orang yang beriman kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala”.

Orang yang tidak mau bershilaturrahmi mereka akan mendapatkan murkanya Allah Ta’ala. Dalam sebuah hadits diterangkan yang inti dari isi hadits itu ialah; “Bahwa jika orang itu benar beriman kepada Allah dan juga beriman kepada hari akhir yakni hari kiamat maka dia harus menyambung tali shilaturrahmi”.

Keutamaan Shilaturrahmi

Keutamaan Shilaturrahmi itu adalah;

  1. Di sayang Allah ta’ala
  2. Akan mendapatkan kedudukan yang istimewa.
  3. Menambah panjang umur. Dan masih banyak lagi yang lainnya yang tidak kami sebutkan disini.

Demikian ringkasan tentang; Shilaturrahmi dan Keutamaannya semoga manfaat.

Kujungi : https://www.fiqih.co.id/