septic tank

Tips Buat Septic Tank Anti Penuh yang Wajib Dicoba

Keberadaan WC di rumah tentunya sangatlah penting. Maka dari itu, salurannya harus dirancang secara benar hingga terhubung pada septic tank dengan tepat. Pastikan untuk buat septic tank anti penuh sehingga bisa digunakan lebih lama. Untuk melakukannya, terapkan beberapa tips di bawah ini!

 

1.   Membuat Saluran Pembuangan yang Berbeda

Untuk bisa buat septic tank anti penuh bisa membuat saluran pembuangan berbeda. Dengan adanya pembuangan lain, maka septic tank pun tidak akan mudah penuh. Buatlah dua lubang yang masing-masing memiliki fungsi berbeda.

Lubang pertama bisa digunakan sebagai tempat menampung kotoran dan juga air. Adapun lubang lainnya bisa digunakan sebagai tempat penyerapan. Dengan adanya lubang khusus penyerapan, maka lingkungan rumah pun tidak akan tercemar. Pasalnya, sisa-sisa pembuangan akan dikeluarkan berupa gas.

septic tank

2.   Perhatikan Tingkat Kemiringan Pipa

Jangan lupa memperhatikan tingkat kemiringan pipa. Pastikan pipa yang digunakan dalam posisi yang tepat. Terdapat selisih yang harus diperhatikan antara posisi pipa dengan tinggi kloset. Selisih normalnya mencapai 3%, atau dalam setiap hitungan 100cm terdapat perbedaan hingga 3 cm.

Selisih ini patut untuk diperhatikan, sehingga septic tank bisa melakukan penampungan secara baik. Selain itu, kotoran dan air yang mengalir pun akan lebih lancar. Hal ini juga akan meminimalisir aroma tidak sedap dari WC.

3.   Bahan Penampungan yang Kuat

Perhatikan pula bahan yang akan digunakan untuk sebuah penampungan. Bahan yang digunakan harus kuat serta memiliki ketahanan terhadap korosi dan sebagainya. Jika bahan yang digunakan kurang kuat, kemungkinan septic tank akan mudah bocor.

Bahan untuk penampungan ini  harus dipastikan kualitas dan kekokohannya. Ketika penampungannya kuat dan bagus, maka kotoran dan air pun tidak mudah menyebar ke area tanah lain. Hal demikian tentu akan menghindari lingkungan yang tercemari.

4.   Memilih Jenis Pipa Berkualitas

Selanjutnya, pilihlah pipa berkualitas untuk membuat saluran pembuangan. Pipa yang digunakan, umumnya memiliki ukuran minimal 4 inchi. Buatlah saluran lurus tanpa berkelok. Dengan cara tersebut akan meminimalisir terjadinya masalah.

Jenis pipa berkualitas akan melancarkan proses pembuangan. Namun, pastikan teknik pemasangannya pun dilakukan secara benar dan tepat. Direkomendasikan untuk membeli pipa jenis PVC yang akan membuat septic tank lebih tahan lama.

5.   Menyesuaikan dengan Kapasitas Septic Tank

Tips selanjutnya yakni menyesuaikan kapasitas septic tank. Pembuatan septic tank harus disesuaikan dengan jumlah penghuni suatu rumah. Misalnya, untuk penghuni rumah berjumlah 4 orang, umumnya menggunakan ukuran p x l x t, secara berurutan 1,5 x 1,5 x 2 dalam satuan meter.

Lakukan perhitungan secara tepat sebelum membuat septic tank. Selanjutnya, bisa dilakukan pembangunan dengan mengacu pada ukuran yang ditetapkan. Septic tank yang cepat penuh umumnya terjadi karena tidak membuatnya sesuai kapasitas.

6.   Melakukan Perawatan Secara Tepat

Selanjutnya, cobalah untuk melakukan perawatan secara berkala. Merawat memang sesuatu hal yang sulit dilakukan. Namun, untuk buat septic tank anti penuh harus dilakukan secara tepat. Lakukan beberapa hal berikut untuk menjaga septic tank lebih tahan lama:

  • Hindari memasukkan benda asing, seperti halnya kain, kertas, tisu, plastik, dan semacamnya.
  • Membersihkan bakteri khusus yang sifatnya organic, sehingga lebih aman untuk septic tank.
  • Menggunakan air sesuai kebutuhan saja tanpa berlebihan, sehingga septic tank tidak mudah penuh.

Untuk buat septic tank anti penuh, alternatifnya bisa menggunakan septic tank biotech yang menyajikan keunggulan yang banyak. Informasi lengkapnya bisa mengunjungi laman https://www.biotechno.co.id/septic-tank-bio/.

 

Demikianlah ulasan singkat terkait tips buat septic tank anti penuh. Perhatikan bahan hingga teknis pembuatannya secara benar. Hal ini akan membuat septic tank lebih lancar digunakan dan tahan lama.