nama nama nabi

Tips Menghafal Nama-nama Nabi dalam Agama Islam

Nabi adalah manusia yang dipilih Allah SWT untuk menyebarkan agamaNya. Dalam Islam ada banyak nabi yang dimulai dari nabi Adam AS hingga nabi Muhammad SAW. Namun hanya ada 25 nama yang wajib diketahui dan tertulis dalam kitab suci Al Qur’an. Nama-nama nabi tersebut sebaiknya dihafalkan sebagai bentuk penghormatan pada manusia pilihan Allah dan bentuk syukur karena telah dibimbing menuju agamaNya.

Karena bukan dari nama Indonesia, mungkin nama nabi pada awalnya susah untuk dihafal. Akan tetapi hal ini tidak boleh menghalangi kita untuk menghafal nama para nabi apalagi sudah banyak cara yang bisa dipilih untuk bisa membantu menghafalkannya. Bagaimana saja cara agar mudah menghafal nama nabi? Berikut ini beberapa caranya yang bisa Anda pilih sesuai dengan kemudahan.

nama nama nabi

1.    Melalui lagu

Anak-anak memiliki lagu khusus yang digunakan untuk menghafal nama-nama nabi. Lagu ini juga sudah mulai diajarkan sejak kecil tepatnya di usia sekolah dasar dimana daya ingat masih kuat. Lagu nama nabi menyebutkan ke-dua puluh lima nama nabi secara berurutan. Cara ini adalah yang paling mudah karena Anda tinggal memutar lagunya berulang-ulang dan menirukannya agar bisa hafal dengan lebih cepat.

2.    Cerita nabi-nabi

Selain lagu, mengetahui cerita nabi-nabi juga bisa membantu Anda menghafal nama nabi sekaligus mengetahui cerita tentang nabi tersebut. Contohnya adalah Anda jadi tahu nama nabi yang dimakan ikan Paus adalah nabi Yunus. Nabi yang diuji dengan sakit kulit adalah nabi Ayyub dan nabi yang paling kaya serta bisa bahasa jin dan hewan adalah nabi Sulaiman.

3.    Silsilah nabi

Banyak nabi yang masih keturunan dari nabi sebelumnya. Seperti contohnya adalah nabi Ibrahim yang memiliki putra nabi Ismail dan nabi Ishak. Dengan mengetahui silsilah nabi Anda juga bisa menghafal nama nabi tersebut.

 

Nama, cerita dan silsilah para nabi memang sebaiknya dihafal oleh umat Islam. Meski lebih mudah jika dilakukan sedari kecil, namun bagi Anda yang belum hafal, tak ada salahnya mulai belajar dari sekarang.