cara mencegah diabetes

Tips Mudah Mencegah Diabetes

Diabetes dapat terjadi karena dua aspek, pertama karena kebiasaan pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Dan kedua karena gangguan pada fungsi pankreas hingga tidak memproduksi cukup insulin. Berbekal pada fakta ini, Anda sebenarnya bisa dengan mudah mencegah diabetes. Sebagaimana yang telah kami rangkum dari laman deherba.com berikut ini.

Bagaimana Cara Mudah Mencegah Diabetes?

cara mencegah diabetes

Ada beberapa tips sederhana dan mudah untuk Anda lakukan dalam keseharian dalam membantu Anda menurunkan resiko diabetes. Membantu Anda mencegah diabetes meskipun Anda memiliki potensi dari sisi genetik. Adapun beberapa tips sederhana tersebut telah diungkap secara detail dalam laman deherba.com. Dan kami sadur secara singkat dalam penjelasan berikut.

Perbaiki pola makan

Sesederhana Anda memahami bahwa diabetes bisa disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Maka cara mencegah diabetes juga dapat dimulai dari memperbaiki pola makan Anda. Dan ini cukup efektif menurunkan resiko diabetes

Mengubah kebiasaan dengan membatasi asupan makanan manis, lebih banyak mengonsumsi serat, buah dan sayuran. Kendalikan kebiasaan asupan lemak jenuh dan menggantinya dengan lemak tak jenuh.

Atur pola makan Anda supaya tidak mengonsumsi karbohidrat berlebihan. Terutama bila itu adalah jenis karbohidrat sederhana seperti nasi dan gandum. Alihkan pada jenis karbohidrat kompleks seperti misalkan gandum utuh dan beras coklat.

Dalam Journal of Diabetes and Metabolic Disease tahun 2013 dijelaskan bahwa pola makan yang tepat, kaya serat, buah dan sayuran sangat membantu menurunkan resiko diabetes. Ini juga akan membantu meningkatkan proses penyerapan nutrisi dalam makanan hingga memudahkan proses penyerapan gula menjadi energi.

Beberapa makanan dan minuman khusus juga bisa Anda tambahkan sebagai terapi anti diabetes. Sebut saja seperti kayu manis, cuka apel, teh hijau, rempah seperti jintan dan kunyit. Beberapa buah dan sayuran dalam warna merah seperti bayam merah, kubis merah, buah naga, delima mengandung unsur antosianin.

Menurut sumber jurnal Current Medicinal Chemistry tahun 2018, makanan yang kaya akan antosianin akan sangat baik untuk diabetes. Karena antosianin akan membantu meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin.

Olahraga dengan berimbang

Sementara Anda mengatur pola makan Anda menjadi lebih sehat. Maka Anda juga akan disarankan untuk memperbaiki gaya hidup Anda. Awali dengan mulai menjalankan kebiasaan olahraga. Imbangi aktivitas fisik dalam ruangan dengan di luar ruangan.

Olahraga tidak melulu harus berat dan melelahkan. Anda bisa melakukan kegiatan rutin untuk berlari ringan setiap 3 hari sekali selama 30 menit. Atau dengan sesekali menghindari elevator untuk mencapai lantai di mana Anda kerja di kantor. Coba untuk menaiki tangga manual setidaknya seminggu 2 kali.

Anda bisa tambahkan dengan dengan aktivitas luar ruangan seperti bersepeda atau berenang bersama keluarga di akhir pekan. Kebiasaan ringan ini akan sangat membantu meningkatkan pembakaran, meningkatkan kebutuhan energi dan mendorong sel untuk semakin banyak menarik gula dalam darah untuk kemudian diolah menjadi energi.

Tidur dan istirahat cukup

Istirahat dan relaksasi adalah bagian penting dari konsep gaya hidup sehat. Tanpa cukup istirahat dan relaksasi Anda akan rentan mengalami stress. Sementara stress akan menjadi salah satu pemicu menurunnya daya serap sel terhadap gula. Ini akan memicu diabetes pada jangka panjang,

Atur ulang waktu tidur Anda supaya sesuai dengan standar kesehatan minimal 6 jam sehari. Supaya tubuh Anda selalu mendapatkan cukup istirahat. Beri waktu untuk diri Anda merasa rileks, tenang dan santai setidaknya 1 – 2 jam sehari untuk membantu Anda mengendalikan stress.

Ini akan sangat membantu mencegah diabetes. Sebagaimana dijelaskan dalam Current diabetes reports tahun 2016 yang menjelaskan peningkatan resiko diabetes pada mereka yang terbiasa tidak cukup tidur.  Atau pada Diabetes Spectrum tahun 2005 yang mengungkap bahwa mengurangi stress membantu mencegah diabetes dengan efektif.