WOW! Inilah 5 Taman Nasional Terbesar di Dunia Yang Melindungi Banyak Flora & Fauna

Banyak sekali cara-cara untuk melestarikan dan melindungi flora dan fauna liar, seperti halnya dengan melestarikan Taman Nasional. Taman nasional yang sudah diakui oleh dunia ada 6000 taman nasional. Banyak sekali cara-cara yang dilakukan agar beraneka jenis flora dan fauna dapat terus dilihat hingga generasi ke generasi. Berikut simaklah beberapa Taman Nasional yang terbesar di dunia.

1. Monumen Nasional Marinir Papahānaumokuākea

Taman Nasional terbesar di dunia yang pertama adalah Monumen Nasional Marinir Papahānaumokuākea. Taman nasional ini dibangun sejak tahun 2006 yang memiliki luas sekitar 1,5 juta km persegi Samudera Pasifik. Menurut penduduk yang terdapat di hawaii tempat ini merupakan tempat yang dianggap suci karena dipercaya sebagai "tempat awal dari kehidupan".

Terdapat pantai yang membentang luas sekitar 2.200 km. Disini terdapat pulau berkarang dan juga disini bisa menjumpai bermacam-macam karang, ikan, burung, mamalia laut, hingga hewan kepulauan Hawaii lainnya.

2. Taman Nasional Greenland Northeast

Taman Nasional selanjutnya adalah Taman Nasional Greenland Northeast. Taman nasional ini dibangun sejak tahun 1974 dan sempat mengalami penambahan perluasan yaitu menjadi 972.000 km persegi sejak tahun 1988. Taman Nasional yang satu ini bisa digambarkan seperti sebuah negara terbesar ke 31 di dunia..

Selain itu, disini ada berbagai macam hewan mamalia liar yang dapat dijumpai, seperti rubah arktik, beruang kutub, cerpelai, hingga terdapat sekitar 40% dari total musk oxen di seluruh dunia. Disini juga ada anjing laut dan walrus di kawasan pantai. Ditambah terdapat juga paus di kawasan perairan sekitar.

3. The Kavango Zambezi Transfrontier Conservation Area

Taman Nasional terbesar selanjutnya adalah The Kavango Zambezi Transfrontier Conservation Area. Taman nasional ini mempunyai luas yang sangat besar, luas taman nasional ini digambarkan seluas dua kalinya negara Inggris atau setara dengan 519,912 kilometer sq. Daerah ini terdapat di dasar perairan sungai Kavango dan Zambezi, yang membentang di 5 negara di Afrika Selatan yakni, Angola, Zimbabwe, Zambia, Botswana, Namibia. Selain menjadi tempat bagi beraneka jenis satwa liar, di daerah ini terdapat Delta Okavango, delta pedalaman terbesar di dunia. Disini juga terdapat Air Terjun Victoria yang merupakan salah satu air terjun terbesar di dunia yang letaknya di perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe.

4. Phoenix Islands Protected Area 

Taman Nasional terbesar di dunia selanjutnya adalah Phoenix Islands Protected Area. Phoenix Islands Protected Area atau yang disingkat PIPA merupakan tempat ekosistem laut maupun darat yang memiliki luas sekitar 408,250 kilometer persegi di Samudera Pasifik. Di sekitar taman ini terdapat banyak pulau-pulau di kawasan Kiribati yang terkenal dengan Kelompok Kepulauan Phoenix.  

Taman Nasional ini menjadi salah satu Warisan Dunia UNESCO yang dikarenakan sangat pentingnya bagi satwa yang sedang bermigrasi pada waktu mereka melewati Samudera Pasifik. Hingga kini  Taman Nasional ini telah ada terdapat kurang lebih 800 spesies hewan yang terdiri dari 500 spesies ikan, 44 burung, 18 mamalia laut, serta 200 jenis karang. Selain itu, di daerah ini ada 14 gunung berapi di bawah laut yang tidak aktif.

5. The Great Limpopo Transfrontier Park 

Taman Nasional terbesar selanjutnya adalah The Great Limpopo Transfrontier Park. Taman Nasional ini memiliki luas sekitar 99.800 kilometer persegi, yang telah menghubungkan beberapa taman nasional yang terdapat di berbatasan dengan negara afrika lainnya seperti,  Afrika Selatan, Mozambik, dan Zimbabwe.

Selain sebagai tempat bagi badak. taman nasional ini juga memiliki jenis satwa lainnya seperti,  500 jenis burung, 147 jenis mamalia, 116 jenis reptil, 49 ikan, 34 katak, dan juga terdapat 5 sungai utama.

Itu lah 5 Taman Nasional terbesar di dunia yang melindungi banyak sekali flora dan fauna di dunia. Kunjungi situs berwisata.id yang dapat menambah wawasan wisata kalian.