Yuk Ketahui Perbedaan SMA dan SMK

Masuk ajaran baru, banyak orang tua yang bimbang memilih antara jalur SMK dan SMA. Sebenarnya keduanya sama saja akan tetapi perbedaan dalam konsep pendidikan. Sudah pasti bahwa SMA lebih berfokus pada materi sedangkan SMK lebih kepada penjuruan dan persiapan dunia kerja. Bagi yang belum tahu, berikut ini merupakan perbedaan SMA dan SMK.

  • Waktu Tempuh Pendidikan

Waktu tempuh pendidikan untuk SMA dan SMK ada yang berbeda. Tetapi kebanyakan sama. SMA harus menempuh waktu 3 tahun agar bisa lulus dan mendapatkan ijazah. Tetapi kadang ada pula kelas akselerasi hanya 2 tahun. Sedangkan untuk SMK, memerlukan waktu yang lebih panjang untuk jurusan tertentu. Hal tersebut dikarenakan SMK lebih fokus pada kemampuan diri seperti praktik.

 

  • Seragam Sekolah

SMA dan SMK memiliki seragam sekolah yang berbeda. SMA identik dan populer dengan warna putih abu-abu. Sedangkan untuk SMK memiliki seragam yang lebih bervariasi. Ada seragam pokok sekolah, ada pula seragam khusus untuk jurusan tertentu. Sehingga biasanya setiap SMK memiliki seragam yang berbeda. Terlebih lagi jika jurusannya berbeda.

Seragam sekolah menjadi komponen paling penting. Seragam haruslah sangat nyaman, agar peserta didik tidak terganggu saat belajar. Oleh karena itu, setiap sekolah harus benar-benar memilih jasa konveksi yang berkualitas. Mulai dari bahan, desain hingga tenaga yang membuat.

Bingung pilih jasa konveksi? Kunjungi https://konveksi.co/almamater/ dijamin untuk pembuatan jas almamater OSIS hasil akan lebih berkualitas.

 

  • Mata Pelajaran

Mata pelajaran menjadi salah satu aspek yang menonjol dalam perbedaan SMA dan SMK. SMA akan lebih difokuskan pada mata pelajaran yang bersifat materi. Sedangkan untuk praktiknya tidak terlalu banyak. hal tersebut berkebalikan dengan SMK yang memiliki lebih banyak praktik daripada materi. Hal tersebut dikarenakan fokus antara keduanya berbeda. sehingga pembelajaran yang dilakukan juga berbeda.

 

Meskipun banyak perbedaan SMA dan SMK, akan tetapi pada dasarnya kedua lembaga tersebut memiliki tujuan yang sama. tujuannya yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Akan tetapi jalur yang ditempuh berbeda. Umumnya anak yang bersekolah di SMK, bisa langsung memasuki dunia kerja. Sedangkan untuk lulusan SMA harus kuliah dulu untuk memperdalam ilmunya.